Love In Action PPPI Sudan; Keseruan Bakti Sosial di Tempat Para Hufaz

 

Jumat (6/1) bertempat di Kholwah Anwar Muhammadiyah Umbadda, Omdurman. PPPI Sudan mengadakan bakti sosial yang bertema Love In Action PPPI Sudan yang mengusung tema “Aksi Nyata Silaturasa Berbagi untuk Afrika”.

Kegiatan ini diadakan setiap tahun oleh PPPI Sudan bagian Departemen Sosial, dengan menyalurkan bantuan berupa bahan pangan kepada anak yatim dan para penghafal Al-Qur’an. Kegiatan ini sangat didukung penuh oleh KBRI Khartoum dan segenap elemen juga turut membantu agar kegiatan ini terlaksana.

Pertama kali datang di tempat para penghafal Al-Qur’an ini, mereka berjejer berbaris rapi menyambut kedatangan. Kami disambut dengan sangat baik dan hangat, lantunan kalimat tahlil terus mereka lantunkan ketika menyambut kedatangan kami. Setitik rasa haru menghinggapi hati.

Syekh Muhammad Yusuf selaku ketua yayasan, dalam sambutannya mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Indonesia, dengan kegiatan ini tentu mempererat ukhuwah antara Sudan dan Indonesia.

Di akhir pembukaan acara para penghafal Al-Qur’an membacakan hadis dan pembacaan matan. Tentunya mereka membaca tanpa melihat teks. Luar biasa anak-anak berumur 9 tahun sudah hafal hadis, matan, dan syair.

Dengan segala keterbatasan pangan dan papan tapi tidak memudarkan semangat mereka untuk terus menghafal Al-Qur’an, matan, dan syair.

Usai acara para panitia memberikan sebuah permainan, yaitu sambung ayat. Panitia membacakan ayat Al-Qur’an kemudian yang bisa menjawab angkat tangan dan langsung menyambung ayat dari panitia. Empat soal yang diberikan oleh panitia seluruhnya dapat mereka jawab semuanya. Tentunya ini cambukan buat kami para pelajar Indonesia untuk terus menghafal Al-Qur’an tanpa mengenal usia. Selain itu para panitia mencoba mengajarkan bahasa Indonesia kepada para penghafal Al-Qur’an.

Saat berbincang bersama Syekh Muhammad Yusuf, beliau memberikan pesan kepada kami, "Teruslah berteman dengan orang-orang baik, karena yang membawa kalian ke sini adalah kalian memilih teman dan pergaulan yang bagus. Terus jaga ukhuwah antar sesama, karena begitu banyak pemuda-pemudi di luar sana yang mengikuti hawa nafsu. Dan tidak ada melirik tempat bahkan melirik kegiatan seperti ini. Ini perlu dan harus kalian jaga." tutur beliau. [Nova Rosa Wanda]


Posting Komentar

0 Comments

Formulir Kontak