Gotcha Library; Perpustakaan Inovatif di Tengah Hausnya Minat Baca Mahasiswa


         MAJALAHELNILEIN.COM - Khartoum, Membaca buku bacaan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan budaya literasi. Kini membaca buku cetak adalah hal yang kurang diminati, terlebih bagi mahasiswa di Sudan. Cukup sulit untuk mendapatkan sebuah buku bacaan berbahasa Indonesia.

     Kemudian muncul inovasi baru oleh mahasiswi International University of Africa, Kuni Abida Kamila, sebagai pencetus perpustakaan berbayar di Sudan. Inovasi tersebut menjadi salah satu hal yang menarik dan bermanfaat. 


     Berawal dari keresahan membeli bagasi yang hanya berisi buku, ia bersama Khilda dan Faradhila berinisiatif membuat bisnis perpustakaan penyewaan buku. Mereka menyebutnya dengan GoL (Gotcha Library) pada tanggal 15 juni 2022.


      Sebagian buku yang tersedia adalah milik pribadi. Sebagian yang lain milik mahasiswa/i yang menitipkan bukunya di GoL. Semua buku tersebut ia simpan di kamar asrama. Kini jumlahnya sudah mencapai sekitar 60 buku. GoL membantu mahasiswa yang kesulitan dalam mencari buku bacaan berbahasa Indonesia di Sudan.


    “Aku pribadi lebih suka baca buku cetak, ya. Menurutku kehadiran GoL ini memfasilitasi hal tersebut. Dengan adanya waktu dan pembayaran justru memotivasi diri untuk giat membaca,” kata Lintang, salah satu pelanggan GoL

“Apalagi GoL juga pernah mengadakan perpustakaan keliling. Menurut aku itu adalah suatu hal gebrakan baru yang inovatif dan bermanfaat banget,” lanjutnya.

Mekanisme peminjaman buku di GoL terbilang mudah. Hanya dengan menghubungi admin dan mengisi form yang sudah disediakan. Banyak pilihan buku bacaan cetak yang menarik meskipun terkadang perlu sedikit antre. Peminjam cukup membayar SDG 400 pertiga hari setiap buku yang dipinjam. Tarif tersebut ia gunakan untuk biaya perawatan buku.


   “Kami berharap GoL dapat menjadi wadah peminjaman buku yang besar di sini dan suatu saat memiliki warung bacaan yang disertai kafe,” jawab Abida kepada majalahelnilein.com.

 

Oleh: Atik Fitriyati

Mahasiswa International University Of Africa

Sumber ilustrasi: Gotcha Library

Posting Komentar

0 Comments

Formulir Kontak