Tips Menyimpan Daging ala Anak Asrama

                              
  

    Ucapan selamat Iduladha sudah bertebaran di mana-mana. Dari status WhastApp sampai Instagram semua berisi pamflet Iduladha. Selain pamflet daging kurban pun akan bertebaran. Momen Iduladha menjadi salah satu hal yang paling ditunggu oleh anak rantau di mana pun. Bagaimana tidak, karena kesempatan makan daging tak selalu ada.

   Selain momen yang paling ditunggu, Iduladha juga menjadi hal yang membuat banyak anak asrama bingung soal bagaimana cara menyimpan daging kurban yang didapatkan agar tetap awet. Mau dimasak sekaligus kebanyakan, mau dibuang sayang, mau disimpan tidak ada kulkas. Makanya, penulis akan memberikan sedikit tips agar dagingmu tetap awet.

1. Gak perlu dicuci

   Kamu tidak perlu mencuci daging layaknya sayur ketika ingin disimpan. Karena jika dicuci daging akan menyerap air lebih banyak sehingga membuat bakteri berkembang cepat sehingga mempercepat pembusukan.

2. Rebus saja dulu

       Nah, ini, sih, tidak usah ditanya. Merebus semua daging yang didapat adalah cara paling ampuh agar daging tidak busuk. Oh, ya, jangan asal rebus ya, Tambahkan sedikit garam dan bawang putih ketika merebus, agar nanti ketika mau diolah tak perlu menambahkan banyak bumbu. Bisa juga langsung dimakan kalau doyan.

3. Jemur daging, yuk

      Malas merebus daging? Kamu bisa kok dengan menjemur dagingmu. Caranya, daging tak perlu dicuci. Lalu lumuri daging dengan garam. Terkahir jemur sampai kering tapi ingat jangan jemur daging didalam kamar, ya. Jemur daging di bawah terik matahari. Bisa juga dengan memotong daging secara tipis-tipis dahulu agara mudah kering. Teknik penjemuran ini bisa membuat daging bertahan sampai satu bulan, lho.

4. Lumuri dengan garam

            Garam memiliki sifat antibakteri yang bisa digunakan sebagai pengawet alami. Tanpa perlu mencuci daging, kamu cukup melumuri garam dipermukaan daging lalu simpan pada toples kedap udara. Dagingmu akan awet beberapa hari ke depan.

      Itulah empat tips dari penulis agar daging kurbanmu tetap awet. Masih banyak lagi cara mengawetkan daging, seperti dibikin dendeng, abon, dan banyak lagi yang bisa kamu simpan dan langsung dilahap pastinya. Semoga tips sedikit ini bisa membantu kamu mengurangi beban pikiran dalam menyimpan daging, ya. Terakhir penulis ingin mengucapkan selamat Iduladha 1443 Hijriah. Semoga seluruh amal dan ibadah diterima oleh Allah dan dosa-dosa kita diampuni oleh-Nya. Amin.


sumber gambar : dokumentasi pribadi

Oleh: Kuni Abida Kamila

Mahasiswi S1 International University of Africa Sudan

Posting Komentar

0 Comments

Formulir Kontak