Ngaku Hidup Sehat, tapi Jarang Olahraga?

Sumber : Google

       Olahraga merupakan aktivitas gerak tubuh yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki peran penting untuk kesehatan. Dengan melakukan olahraga secara rutin hidup akan terasa lebih sehat dan lebih kuat. Tidak hanya menjaga kesehatan rohani tetapi olahraga juga berpengaruh terhadap kesehatan jasmani. Tujuan dari olahraga tentunya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat. 

      Aku sehat-sehat saja meskipun tidak olahraga, tentu dampaknya tidak sekarang dirasakan. Beberapa tahum kemudian perkataan yang dilontarkan tidak akan bisa kembali ditarik. Meskipun sekarang kita merasakan tubuh baik-baik saja, mungkinkah beberapa tahun kedepan tubuh kita akan tetap sehat dan bugar? Maka dari itu olahraga salah satu cara agar tubuh kita tetap bugar dan sehat. Olahraga juga berdampak untuk kesehatan mental seperti mengurangi stres dan meningkatkan mood

      Namun, sayangnya manusia enggan melakukannya. Dari penelitian WHO (World Health Organization) mengumumkan bahwa remaja di dunia, tidak melakukan olahraga yang cukup. Padahal ini dapat mempengaruhi kesehatan mereka di masa yang akan memdatang. Penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan PBB membuktikan bahwa 81% remaja yang berusia 11-17 tahun tidak melakukan olahraga minimal 1 jam perhari. Dikutip dari kontan.co.id. 

   Dampak bagi seseorang yang tidak pernah melakukan olahraga:
  • Obesitas. Olahraga tidak hanya untuk mereka yang obesitas, padahal olahraga kewajiban untuk semua orang agar tubuh tetap sehat.
  • Insomnia (gangguan tidur), tidak sedikit orang di zaman sekarang mengalami insomnia, penyebab salah satunya ialah jarang berolahrga. Maka cobalah untuk memaksa diri untuk berolahraga agar tidurmu juga bisa teratur.
  • Mudah stres dan depresi, stres bisa dialami oleh siapa saja baik wanita maupun pria. Tapi wanita lebih mendominasi mengalami stres. Mudah stres akan mengalami penuaan dini bagi kaum wanita, dan dengan olahraga bisa mencegah penuaan dini dan mengurangi stres. 
  • Serangan jantung, tubuh yang aktif bergerak akan semakin sedikit resiko terkena serangan jantung.
  • Tak pernah merasa kenyang, mungkin sebagian kita mengira dengan tidak melakukan olahraga perut kita akan lambat terasa lapar. Padahal yang terjadi justru sebaliknya.
        Tim WHO juga menyatakan bahwa salah satu penyebab remaja malas untuk berolahraga adalah mereka terlalu nyaman bermain gadget. Rebahan seharian juga dapat menyebabkan sakit kepala. Seharusnya gaya hidup yang tidak baik seperti ini harus diubah mulai dari sekarang demi kesehatan di masa depan. Tidak perlu begadang jika tidak ada hal yang penting. Gunakan gadget dan komputer dengan batas waktu. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta diimbangi dengan olahraga secara teratur. Jika memulainya terasa berat, mulailah dengan hal yang ringan terlebih dahulu. Keluar dari zona nyaman seperti rebahan, letakkan gadget ditempatnya agar tidak mengganggu. Mulailah dengan gerakan kecil, lambat laun pasti akan terbiasa. 

       Banyak orang yang terjebak di zona nyaman hingga sulit untuk keluar. Tetapi sulit bukan berarti tidak bisa, semuanya berawal dari diri sendiri karena yang memegang kendali adalah kita yang memiliki tubuh kita sendiri. Jika kita sudah melakukan olahraga tidak akan terasa membosankan hanya saja kita enggan untuk memulai. Agar olahraga semakin semangat ini beberapa manfaat olahraga secara teratur untuk tubuh dan kesehatan mental:
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengendalikan diabetes
  • Mencegah penyakit stroke 
  • Menangkal obesitas
  • Mencegah darah tinggi 
  • Menjaga tubuh agar tetap bugar
  • Menjaga mood
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan memor
       Bagaimana? Masih malaskah untuk berolahraga? 
Mari ubah gaya hidup yang tidak baik mulai dari sekarang, tidak ada kata terlambat. Ini adalah usaha kita untuk terus menjaga tubuh agar tetap selalu sehat. 

      Lebih baik meluangkan waktu setengah jam dimasa sekarang dari pada meluangkan waktu berhari-hari di masa tua dengan terbaring di rumah sakit. 

Oleh : Nova Rosawanda
KIIFAL

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama