Jakarta E-Prix Festival Sukses Besar dan Menarik Perhatian Dunia

Sumber : jakartaeprixofficial

        Jakarta E-Prix 2022 sukses digelar pada Sabtu, 4 Mei 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit. Hanya dengan 60 hari pengerjaan, sirkuit ini menjadi sirkuit permanen bertaraf internasional dengan pembangunan tercepat di dunia. Dibangun di kawasan Pantai Karnaval, tepat di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall), bersebelahan dengan stadion baru, Jakarta International Stadium (JIS).

       Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim berlaga di sirkuit dengan layout meyerupai bentuk kuda lumping. Sirkuit ini memiliki cukup banyak lintasan lurus panjang  yang diikuti tikungan tajam dengan panjang lintasan 2,4 km dengan lebar 12 meter dan  18 tikungan. Hal ini sengaja dirancang dan dibuat hingga berdampak positif, karena mobil formula e memiliki fitur regenerative brake yang akan men-charge ketika pembalap menginjak rem, sekaligus memperbanyak kesempatan untuk melakukan overtake dan para pembalap tidak bisa bersikap defensif hingga mudah untuk dibalap.

        Anies Baswedan juga memastikan Formula E tanpa pawang hujan "Formula E enggak ada pawang-pawangan. Kita bekerja sama dengan BMKG untuk memonitor perkembangan cuaca," ujarnya di Balai Kota Jakarta, Kamis (2/6).

        Kesuksesan Formula E ini juga menjadi tonggak kebangkitan bahwa Indonesia sudah mulai pulih dari dampak pandemi. Ajang Formula E ini juga menjadi salah satu kampanye “Menuju Jakarta Nol Emisi Karbon”,  membantu meningkatkan kesadaran bahwa kendaraan listrik mampu mengurangi emisi sehingga dapat meningkatkan kualiitas udara kepada masyarakat Indonesia khusunya para penonton dan penggemar. 

Co-Founder Formula E Albert Longo mengutarakan apresiasi dan kepuasannya tentang Formula E di Jakarta serta pujian untuk “teman baik”-nya, ia memposting foto dirinya bersama Anies dan mengatakan, “Kepemimpinan, kebaikan, keramahan, kesetiaan, dan kejujuran hanyalah beberapa dari sekian banyak kata sifat yang dapat didefinisikan. Gelaran Formula E yang luar biasa!! Lebih dari 60.000 orang (yang hadir) plus jutaan orang lebih menonton dari rumah di lebih dari 150 negara di dunia, bersenang-senang dengan balapan yang fantastis, Semua ini dterwujud karena tim yang luar biasa, kepemimpinan Anies Baswedan yang luar biasa, dan salah satu penonton terbaik dunia, saya akan menunggu untuk kembali tahun depan di bulan Juni. Terima kasih Pak Gubernur, terima kasih Jakarta dan terima kasih Indonesia”

       Presiden Joko Widodo juga memberika cuitan di laman twitternya, “Hari ini kita menyaksikan langsung atau melalui tanyangan televisi, gelaran balap 2022 Jakarta E-Prix di sirkuit Formula E Jakarta. Alhamdulillah semuanya lancar. Selamat kepada para pemenang. Semoga ke depan, lebih banyak lagi penyelenggaraan balap serupa Formula E.

       Karena tidak adanya selebrasi sampanye, Evan melakukan gestur seperti menuang sampanye dengan trofi yang diberikan Presiden Jokowi. Peniadaan sampanye merupakan kebijakan operator Formula E yang menghargai budaya Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia


Oleh : Iffah Khairunnisa
Mahasiswa University of Africa

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama