Dahsyatnya Puasa dalam Kehidupan


 

          Setiap agama memiliki aturan dasar dalam agamanya, salah satunya agama Islam itu sendiri. Aturan dasar dalam Islam yang sering kali kita sebut dengan rukun islam yaitu dua kalimat sahadat, salat, puasa dan naik haji bila mampu. Adapun puasa itu sendiri diwajibkan oleh agama Islam minimal satu kali dalam satu tahun dengan jangka waktu satu bulan lamanya di bulan Ramadan. Berdasarkan dalil yang di sebutkan dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 183 :

 یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَیۡكُمُ ٱلصِّیَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِینَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

       183. “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

       Banyak sekali amalan berpuasa yang Nabi Muhammad SAW sampaikan dan amalkan. Seperti puasa senin dan kamis, puasa hari kelahiran, puasa syawal, ayyamul bit, dan masih banyak lagi lainnya. Menurut pandangan Islam melaksanakan ibadah puasa itu ada yang diwajibkan ada pula yang sunnah atau yang dianjurkan Allah yang langsung memberikan pahala itu, setiap amalan puasa yang kita amalkan ada keutamaan dan ganjarannya masing-masing.

       Contohnya seperti sabda Nabi Muhammad SAW hadis Abu Ayyub Al-Anshari, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang berpuasa ramadan kemudian berpuasa 6 hari di bulan syawal, maka ia seperti puasa setahun penuh". (HR. Muslim) 

       Adapun pandangan berpuasa menurut kesehatan itu sangat dianjurkan sekali, dan berikut ini adalah manfaat berpuasa untuk kesehatan:

       Meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan metabolis, meningkatkan fungsi otak, membantu detoksifikasi tubuh atau memberikan waktu untuk tubuh beristirahat, mengontrol gula darah, mencegah kanker dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam satu pekan Nabi Muhamammad SAW mencontohkan umatnya dua kali supaya lambung kita bisa beristirahat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh kita. 

        Di angkat dari kisah nyata seorang dokter Katolik di Jerman mengatakan "Manusia yang paling sehat di dunia ini adalah umat Islam." Dan akhirnya dia masuk Islam karena kejadian tersebut.

        Ada seorang pengusaha kaya raya di Arab Saudi kebetulan orang ini tidak dekat dengan agama jadi setiap bulan Ramadan dia bersama keluarga nya pergi ke luar negeri agar tidak hitung puasa. Anggapan dia adalah seorang musafir jadi tidak merasa wajib baginya berpuasa dan dia pun tidak membayar fidyah, kemudian setelah 10 tahun dia lakukan itu di tahun ke-11 dan dia terkena penyakit perut yang melilit membuat dia tak bisa tidur. Sampai dia panggilkan semua dokter yang hebat dan terpercaya untuk menyembuhkan penyakit itu tidak ada yang tau penyakit apa yang menimpa dia. Akhirnya dia datang ke dokter spesialis organ dalam yang di Jerman, bertemulah dengan dokter Katolik tersebut di situ. Kemudian dokter itu menganjurkan untuk puasa di bulan Ramadan dan kebetulan Ramadan sudah dekat waktu itu, jadi dokter ini menginginkan bukti dari agama Islam. Apakah benar dengan berpuasa organ dalam tubuh lebih sehat?

       Setelah orang kaya ini jalani puasa ramadan selama satu bulan dan alhamdulillah penyakitnya sembuh kemudian dia dan keluarganya bertaubat kepada Allah, ketika dia kembali ke Jerman dan menceritakan kepada dokter Katolik tersebut setelah itu dokter Katolik itu pun bersyahadat masuk islam dan mengatakan “Anda adalah salah satu bukti kekuasaan tuhan”.

        Itulah bukti tanda-tanda kekuasaan Allah, begitu pentingnya berpuasa menurut pandangan Islam sampai Allah berikan pahala yang luar biasa. Allah menyiapkan pintu surga khusus untuk orang-orang yang berpuasa yaitu pintu Ar-Royyan. Kemudian tidak kalah penting dalam pandangan kesehatan dengan berpuasa tersebut menghilangkan racun yang ada pada tubuh kita. 

Semoga Allah senantiasa menjaga melimpahkan rahmatnya untuk kita semua


Oleh: M. Rayyan Hidayat

Mahasiswa Islamic University of Africa


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama