Konsep Baru di Balik Nusantara Art and Sport Day PPPI Sudan 2022

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Persatuan Pelajar Putri Indonesia (PPPI) Sudan adakan acara kesenian dan olahraga tahunan, Nusantara Art and Sport Day atau biasa disingkat Nuansa. Mengusung tema ‘Take Up Your Sportiveness to Move Up Your Creativity’, acara Nuansa yang juga merupakan rangkaian semarak milad PPI Sudan ini turut mengajak seluruh anggota PPPI Sudan termasuk segenap lembaga kedaerahan untuk berpartisipasi didalamnya.

            Acara tahunan yang diisi dengan lomba-lomba kesenian dan olahraga ini merupakan program dari Departemen Olahraga dan Kesenian (Deporse) PPPI Sudan yang sejak dahulu memiliki keistimewaan dalam menciptakan momentum kebersamaan dan kekompakan antar kekeluargaan dan angkatan mahasiswa. Tak hanya itu, momentum Nuansa juga menjadi salah satu wadah bagi setiap anggota PPPI Sudan untuk menunjukkan bakatnya, terutama dibidang olahraga dan kesenian, dengan ikut berpartisipasi dalam berbagai ragam perlombaan yang diadakan didalamnya.

            Kendati demikian, ada yang berbeda diacara Nuansa kali ini. Jika di tahun-tahun sebelumnya, berbagai lomba dalam acara Nuansa diadakan dalam kurun waktu sehari saja, tahun ini, Nuansa justru diadakan dalam kurun waktu empat hari.

            Hal ini bukan tanpa alasan, sebagaimana dituturkan oleh Nila Angelina, Ketua Pelaksana Nuansa 2022 sekaligus Koordinator Deporse PPPI Sudan, konsep baru Nuansa 2022 ini dibuat dengan berbagai pertimbangan termasuk diantaranya keefisiensian waktu dan sumber daya manusia, “Untuk Nuansa sendiri, iya, kita beda konsep dengan Nuansa sebelumnya, kalau sebelumnya cuma sehari, kali ini kita buat empat hari. Konsep ini diambil mempertimbangkan efisiensi waktu dan upaya mempermudah kematangan koordinasi tiap cabang perlombaan. Kalau diadakan rentetan lomba dalam satu hari, ada beberapa kekeluargaan yang mengeluhkan mereka nggak punya anggota untuk berpartisipasi. Jadi diharapkan lebih efisien bagi peserta yang mau berpartisipasi.”

            Ia juga menuturkan bahwa konsep baru ini sempat menimbulkan pertanyaan bagi beberapa kalangan. Mengetahui ini konsep pertama acara kesenian dan olahraga tahunan PPPI Sudan ini mengambil banyak hari untuk menyemarakkan. Namun meskipun mengusung konsep baru, hal itu tidak mengurangi antusiasme mahasiswi maupun lembaga kedaerahan dalam mengikuti acara Nuansa. Terlebih diakhir penutupan, selaras dengan tujuannya untuk merekatkan kekeluargaan, panitia memberikan hadiah kepada setiap kekeluargaan dengan kategori-kategori yang unik dan menghibur.

            “Semoga Nuansa kali ini bisa diambil pelajaran untuk event Nuansa kedepannya. Yang baik diambil, yang buruk dibuang. Sama mau ngucapin terima kasih juga buat semua mahasiswi maupun kekeluargaan yang udah mau berpartisipasi dalam acara ini. Wow banget udah seniat itu dalam berpartisipasi.”

 

Faradilla Awwaluna Musyaffa’

Mahasiswa International University of Africa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama