Empat Destinasi Wisata Menarik Musim Dingin di Turki

 

Sumber: grantourismotravels.com


“Musim dingin telah tiba!” Mungkin petikan kalimat ini hanya berlaku bagi negara-negara kawasan Afrika Utara, Timur-Tengah, Eropa, dan sekitarnya. Hawa dingin yang sudah terasa dari penghujung bulan Desember merupakan titik permulaan dimulainya musim dingin di kawasan ini. Namun, beda halnya dengan kawasan di Asia Tenggara yang merupakan wilayah tropis dan juga Australia yang cenderung masih panas.

Begitu juga kondisi di wilayah Turki. Dengan temperatur yang mencapai angka 0o C, saat ini masyarakat Turki sedang menikmati musim dingin ditambah dengan salju yang turun memadati jalanan, pepohonan, dan perumahan. Biasanya di musim-musim inilah para pelancong dari daratan Asia Tenggara yang beriklilm tropis memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur menikmati pemandangan salju yang turun di negeri dua benua tersebut. 

Jika Anda seorang backpacker sejati, maka ini adalah momen yang tepat untuk  Anda merencanakan perjalanan menuju Turki dengan budget yang minim, tetapi bebas menikmati rangkaian perjalanan yang tersedia di sana. Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Turki selama musim salju:

  1. Istanbul

Istanbul adalah kota yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Turki. Karena di kota ini Anda akan diajak untuk belajar tentang sejarah Turki, dimulai dari kekuasaan Romawi, Kesultanan Turki Utsmani, hingga Republik Turki seperti sekarang. Dan tentunya, di dalamnya ada bangunan-bangunan ikonik menarik yang merupakan saksi sejarah bangsa Turki selama berabad-abad dengan corak pemerintahan yang berbeda-beda, Bangunan-bangunan itu ialah Masjid Ayya Sofya, dan persis di depannya terdapat Masjid Sultan Ahmed. 


Selain itu, jika Anda penikmat sejarah, di Istanbul terdapat banyak sekali museum yang menampilkan berbagai macam artefak serta beberapa peninggalan sejarah yang penting selama berabad-abad. Dengan membeli tiket berkunjung ke Museum Pass Istanbul seharga 360 lira atau sekitar Rp.385.000 yang berlaku selama sepuluh hari, Anda bebas berkunjung ke sepuluh museum di Istanbul termasuk di dalamnya Istana Topkape.


  1. Bursa

Jika Anda berkunjung ke Bursa ketika musim dingin, maka ini adalah waktu yang tepat. Salah satu destinasi menarik di Bursa adalah Uludug yang merupakan gunung terbesar dan memiliki salju abadi. Di sini Anda dapat bermain ski, mengendarai motor ski, hingga bermain salju sepuasnya. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda juga dapat menaiki cable car atau kereta gantung dan menikmati pemandangan di sekitar gunung Uludug. 


Selain itu Bursa juga memiliki destinasi wisata sejarah yang kental. Pasalnya Bursa merupakan kota yang pernah menjadi ibukota pada masa pemerintahan Turki Utsmani. Salah satu bangunan yang monumental di Bursa adalah Grand Mosque Bursa atau Masjid Ulu Camii yang berdiri kokoh di tengah Kota Bursa dengan dua menaranya yang menjulang tinggi ke atas.


  1. Pamukkale

Pamukkale secara bahasa berarti “Castle Cotton” atau istana kapas. Hal tersebut dikarenakan areanya yang merupakan area perbukitan. Dan di dalamnya terdapat area tebing yaitu Trevertines atau tebing kalsit putih yang sangat mempesona. Jika Anda pergi ke Pamukkale sangat direkomendasikan untuk menyewa tour guide yang nantinya akan membimbing perjalanan Anda, sekaligus menjelaskan tentang sisi sejarah peninggalan bangsa Romawi. Dengan merogoh kocek sekitar 400 lira nantinya Anda akan diajak berkeliling menggunakan mobil khusus ke beberapa destinasi seperti; Istana kapas, reruntuhan Kota Hieroplis, hingga bersantai di air panas yang sering disebut juga penyembuhan mata air panas. Dan nantinya Anda juga akan mendapatkan makanan gratis khas Turki sepuasnya di Rest Area.


  1. Cappadocia

Salah satu destinasi yang kini sedang booming di kawasan Turki adalah Cappadocia. Berawal dari sebuah serial “Layangan Putus” yang mengangkat Cappadocia sebagai salah satu tujuan wisata yang didambakan oleh kebanyakan pelancong dari berbagai negara. 


Cappadocia sendiri secara wilayah membentang dari Kayseri Barat hingga Aksaray. Salah satu hal yang unik dari Cappadocia adalah bentuk dari gundukan-gundukan batu besar yang menjulang tinggi yang di dalamnya biasanya dibuat goa oleh orang-orang terdahulu, dan sekarang goa-goa itu disulap menjadi penginapan bagi para wisatawan. Di samping itu, hal yang paling dinanti oleh para wisatawan adalah balon udara. Jika Anda ingin menyaksikan balon-balon udara berterbangan, maka Anda harus menginap karena ia hanya terbang ketika pagi hari sebelum angin bertiup. Biasanya juga melihat kondisi cuaca, jika cuaca sedang buruk maka Anda tidak akan bisa menyaksikan balon-balon udara berterbangan. 


Bagi Anda yang tertarik untuk menaiki balon udara ini, Anda harus menyiapkan budget sebesar 2 juta untuk balon yang nantinya akan memuat 20 orang, sementara 2,5 juta untuk balon yang berisi 28 orang. Maka, silakan tentukan pilihan Anda. 

Demikianlah beberapa destinasi wisata di Turki yang kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin berlibur ke Turki. Sebenarnya masih banyak destinasi-destinasi lain seperti destinasi sejarah, karena Turki juga kaya akan sejarah. 

Sebelum Anda pergi ke Turki penulis menyarankan untuk membuat plan terlebih dahulu seperti; budgeting, location target, dan lain-lain yang nantinya akan membatu Anda ketika dalam perjalanan. Selamat berlibur!


Falah Aziz

Mahasiswa International University of Africa


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama