Terhangat

Pengendalian Mimpi

 

Sumber: klikdokter.com


Mimpi adalah bunga tidur yang banyak orang menjadikannya sebagai anugerah walaupun mimpi buruk juga sering menghantui hari-hari kita, tapi pada hakikatnya semua hal itu akan hilang dalam sekejap tatkala kita mulai membuka mata dan terbangun dari tidur. Mungkin masih ada pertanyaan dalam benak pikiran kita, apakah yang kita rasakan semalam merupakan kenyataan? Atau hanya halusinasi semata?

Terkadang kita bingung, mimpi itu sebenarnya datang dari mana? Apakah kita yang masuk ke dunia alam bawah sadar, apakah nyawa kita yang secara tiba-tiba dibawa ke alam lain, apakah otak kita saja yang berjalan dan tubuh kita terdiam seperti halnya tatkala kita sedang berdiam dan menghayalkan sesuatu?

Jika jawabannya mimpi itu hanyalah khayalan, maka muncul pertanyaan baru. Apakah bisa kita mengatur jalannya alur cerita dalam mimpi kita? Jikalau iya, lalu bagaimana caranya?

Survei membuktikan, bahwasanya kita semua dapat mengatur alur cerita dalam mimpi kita masing-masing, dan kita juga sangat bisa untuk belajar mengendalikanya. Ibarat mengendalikan mimpi itu seperti Avatar yang belajar mengendalikan berbagai elemen, semua itu tergantung pada apa yang ada dalam otak kita, seperti halnya dengan paru-paru dan jantung, otak kita tetap mengerjakan tugasnya semalaman walaupun kita sedang tertidur pulas.

Dan otak yang bekerja semalaman itulah yang membuat apa yang ada dalam pikiran kita seperti menjadi kenyataan dalam mimpi, sampai ada pepatah mengatakan, “Kepikiran sampai kebawa mimpi,” itu benar adanya dan tidak bisa disenggol-senggol lagi akan adanya.

Yang jadi tanda tanya besar adalah bagaimana agar dapat mengatur otak untuk bisa bermimpi seperti apa yang kita mau?

Pertama-tama, tolong jangan terlalu banyak berkhayal karena bahwasanya pengendalian mimpi itu ternyata punya nama ilmiah yang biasa disebut “Lucid Dream”. Agar halusinasi kita cepat masuk ke dalam mimpi, ilmuan menyuruh kita agar membayangkan satu hal yang paling disukai sebelum tidur.

Hasil dari penelitian lain juga mengatakan bahwa Lucid Dream lebih berpotensi terjadi apabila kita sudah tertidur pulas, kemudian terbangun, lalu kembali tidur, maka dari itu ada juga tips untuk membangkitkan Lucid Dream dengan cara memasang dua alarm yang berbeda dengan tujuan agar terbangun tengah malam lalu tidur lagi.

Adapun tips lain, kita juga bisa membunyikan suara-suara dengan tema tertentu, seperti suara pantai, pesawat antariksa, bunyi gemercik air terjun, hingga suara teriakan abang tukang bakso yang selalu kita rindukan.

Dan untuk kalian yang tertarik untuk mencobanya, jangan ragu! Faktanya, mengendalikan mimpi itu tidak merusak otak, dan para ilmuan pun sepakat bahwa ketika kita semakin rajin untuk memanipulasi mimpi itu, bisa membuat saraf-saraf dalam otak terhubung, agar tidak macet seperti jalanan ibu kota yang sampai sekarang belum bisa didapatkan jalan ke luarnya.

Selain itu, Lucid Dream juga dapat menyembuhkan gangguan mental akibat trauma. Terapi Lucid Dream ini ternyata pernah dipakai untuk merawat seorang tentara yang terus menerus bermimpi buruk setelah ia pulang dari perang.

Untuk orang-orang yang dalam hidupnya penuh dengan kenangan pahit, seperti putus cinta, patah hati, ditikung teman, bahkan ditinggal menikah sekaligus, metode ini sangat cocok untuk menyembuhkan luka dan trauma mendalam semasa hidupnya.

Jadi ternyata, pengendalian mimpi itu benar faktanya dan dapat dilakukan, asalkan jangan sampai dari kita tertukar antara mana yang dunia nyata dan mana dunia mimpi sehingga kita menganggap dunia mimpi itu adalah dunia yang selama ini kita beraktivitas tiap harinya. Apalagi jika kita bermimpi di saat kebelet buang air dan masuk kamar mandi, kalian tau sendiri apa yang akan terjadi.

Jadi sekarang kita mengetahui, selama ini kita dapat mengendalikan mimpi dan bermimpi sesuai apa yang kita mau, asalkan jangan menjadikan mimpi itu harapan dan pandangan masa depan kita.

 

 

Daniel Zia Ulhaq

Mahasiswa International University of Africa


1 komentar:

  1. MaasyaAllah, sebenernya udah tau lucid dream udah lama, tapi kukira itu gabisa dilakuin soalnya pernah nyoba juga tapi gabisa wkwkwk
    Ternyata ada manfaatnya juga dong.
    Jazakumullah khair akh ilmunya👍

    BalasHapus