Terhangat

5 Tips Agar Mudah Salat Subuh

 

Sumber: Suara.com

 

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

Dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat (QS. An-Naba :9)

Dengan tidur secara teratur setiap hari, seseorang akan lebih terjaga kesehatannya. Demikianlah firman Allah Swt, mengenai betapa pentingnya aktivitas istirahat yang dilakukan oleh manusia setiap harinya, karena dengan istirahat yang cukup seseorang dapat menjalankan aktivitas kesehariannya secara maksimal.

Awal aktivitas keseharian tentunya dimulai di waktu pagi, sebab pagi merupakan waktu istimewa karena menjadi waktu yang paling efektif untuk memulai pekerjaan. Pada waktu tersebut kondisi fisik dan pikiran kita dalam keadaan fresh. Alangkah baiknya kita mulai segala aktivitas pada hari itu dengan kegiatan ibadah, yaitu salat Subuh berjamaah. Namun, sangat disayangkan banyak sekali dari kita yang sering kesiangan untuk bangun melaksanakan salat Subuh. Kali ini penulis ingin berbagi tips agar mudah melaksanakan salat subuh. Nah, berikut ini adalah tips agar mudah bangun untuk melaksanakan salat Subuh.

Pertama: Tidur lebih awal dan tidak begadang

Tidur lebih awal dan tidak begadang sangat efektif untuk mendorong kita bangun lebih awal esok paginya, karena setelah beraktivitas seharian, tentunya tubuh akan merasakan lelah dan capek, untuk itu Nabi menganjurkan agar segera tidur setelah salat Isya agar dapat bangun malam dan salat Subuh berjamaah. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sesungguhnya membenci tidur sebelum salat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568).  Jika setelah salat Isya tidak ada kegiatan yang mendesak dan penting, maka hendaknya segera tidur agar dapat bangun lebih awal esok paginya.

Kedua: Pasang Alarm

Jika dirasa sudah tidur lebih awal dan tidak begadang, namun masih belum dapat bangun pagi untuk melaksanakan salat Subuh, kita dapat menggunakan alarm dari ponsel atau jam weker, dan usahakan nada deringnya menggunakan suara yang keras agar dapat dengan seketika langsung membangunkan kita.

Ketiga: Hindari makan berlebihan dan meminum kopi

Makan berlebihan bisa membuat tidur kita terlalu nyenyak dan sulit untuk bangun. Hal itu disebabkan saat kekenyangan bisa membuat pernapasan kalian lebih berat dan membuat diri kita lebih terlelap dalam tidur, jadi sebaiknya jangan terlalu kenyang saat makan malam dan lakukanlah jauh sebelum jam tidur.

Meminum kopi sebaiknya juga jangan dilakukan di sore atau malam hari karena dapat membuat kita begadang dan susah untuk bangun pagi. Menurut para ahli, waktu yang paling tepat untuk minum kopi adalah saat produksi hormon kortisol kita mulai menurun, tepatnya pada jam yang kita kenal dengan istilah coffe break yaitu antara jam 09.30- 11.30 pagi. Jika kita meminum kopi pada saat kortisol sedang berada di puncak, maka dalam jangka waktu yang lama dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Keempat: Jaga adab-adab tidur

Sedemikian penting aktivitas tidur bagi manusia, sampai Hujatul Islam Imam Al-Ghazali memberikan nasihatnya tentang adab tidur. Sebagaimana termaktub dalam risalahnya berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu'ah Rasail Al-Imam Al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah At Taufiqiyyah, halaman 434). Adab tidur, yakni: bersuci sebelum tidur, tidur di atas sisi kanan, berzikir kepada Allah ‘azza wajalla hingga tidur, berdoa ketika bangun dan memuji Allah ta‘âlâ.”  Keempat adab tersebut hendaknya dapat dilakukan secara utuh setiap kali akan tidur dan ketika bangun.

Selain itu kita bisa melakukan hal-hal yang sering dilakukan Nabi sebelum beliau tidur seperti membaca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas, membaca tasbih (subhanallah) 33 kali, tahmid (alhamdulillah) 33 kali, dan takbir (allahu akbar) 3 kali, membaca ayat kursi dan doa sebelum tidur.

Kelima: Meminta Allah SWT untuk dibangunkan salat subuh

Meminta pertolongan Allah agar dimudahkan untuk bangun pagi lebih awal. Allah tidak akan pernah membiarkan hamba-Nya yang meminta pertolongan-Nya untuk dimudahkan bangun pagi lebih awal. Nabi Muhammad Saw bersabda;

إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا

Artinya: “Sesunguhnya Rabb kalian tabaroka wa ta’ala Maha Pemalu lagi Maha Mulia. Dia malu terhadap hamba-Nya, apabila hamba-Nya menengadahkan tangan kepada-Nya, lalu kedua tangan tersebut kembali dalam keadaan hampa.” (HR. Abu Daud no. 1488)

Sebelum tidur ucapkan permohonan kepada Allah: “Ya Allah bangunkanlah saya jam 04.00 agar dapat melaksanakan Qiyamul lail dan salat Subuh berjamaah di awal waktu.”

Insyaallah, pasti dengan perantara doa tersebut kita akan mudah untuk bangun pagi. Demikian tips bangun subuh, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

 

 

Fathurrahman Jamil

Alumni Universitas Brawijaya, Malang

 


Tidak ada komentar