Terhangat

5 Kelebihan Menuntut Ilmu di Negeri Sudan

Sumber: dokumentasi penulis

 Bicara tentang Sudan, pasti yang terlintas di benakmu adalah negara tandus, gersang, miskin, panas, banyak terjadi tindakan keriminalitas, dan lain sebagainya. Namun, apakah kamu tahu banyak kelebihan belajar di Sudan dibandingkan negara lainnya?

            Setiap negara pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semuanya kembali pada kita, bagaimana kita dapat mengambil kelebihannya, dan belajar dari kekurangannya. Berikut 5 kelebihan menuntut ilmu di Negeri Sudan.

1.     Memuliakan penuntut ilmu

Masyarakat Sudan sangat memuliakan penuntut ilmu. Para masyaikh atau guru-guru di Sudan tidak meminta imbalan, bahkan merekalah yang memberi uang saku kepada penutut ilmu. Tak hanya itu, para masyaikh juga menyediakaan transportasi antar jemput secara gratis kepada penuntut ilmu yang ingin belajar ke majelisnya.

2.     Majelis ilmu sepanjang waktu

Di Sudan, kamu akan dengan mudahnya menemukan majelis-mejelis ilmu atau halakah-halakah sepanjang waktu. Sejak bangun tidur sampai tidur lagi, dari yang pertemuannya dilakukan secara tatap muka sampai yang secara daring (online). Nah, sekarang tinggal bagaimana agar dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan sebaik-baiknya.

3.     Lengkap dengan berbagai macam bidang ilmu

Jika kamu menuntut ilmu di Sudan, kamu akan mendapati berbagai macam bidang ilmu, mulai dari ilmu alat (nahwu, sharaf, balagoh), hadis, fikih, ilmu mawaris, akidah, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu tinggal memilih manakah bidang ilmu yang kamu ingin dalami atau yang sesuai dengan passion kamu.

4.     Kebebasan berpendapat

Ini salah satu kelebihan utama, yaitu kebebasan berpendapat. Meskipun belum bebas secara utuh, tetapi setidaknya Sudan masih melonggaarkan kebebasan untuk berpendapat dibandingkan negara-negara lainnya. Di Sudan, para masyaikh atau guru-guru masih bisa berpendapat dalam menyikapi sebuah fenomena tanpa adanya ‘tekanan yang besar’ dari pihak-pihak tertentu.

5.     Belajar kesabaran

Sabar adalah amalan yang membutukan banyak ilmu untuk mengamalkannya. Bagaimana cara bersabar dalam menjalankan perintah agama, bersabar saat ditimpa musibah, dan sabar dalam menyikapi takdir-Nya. Di Sudan kamu akan mempelajari  arti kesabaran secara utuh lewat kehidupan sehari-hari.

            Kelebihan di atas hanyalah segelintir dari banyaknya kelebihan menuntut ilmu di Sudan. Jadi, jangan hanya melihat Sudan dari sebagian sisi saja atau kekurangannya saja. Sudan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sulit memang bertahan hidup di Sudan, tetapi kamu juga akan sulit meninggalkan Sudan karena kelebihan yang ada padanya.

 

Syuhada Abdi Ra’uuf

Mahasiswa International University of Africa


Tidak ada komentar