Terhangat

Webinar Kepenulisan El-Nilein: 2 Jam Bisa Jadi Wartawan, Tak Ada Kata Takut Lagi dengan Deadline!

Sumber : Dokumen Pribadi


Khartoum, bertepatan pada Jumat (20/8) Majalah El-Nilein telah menyelenggarakan webinar kepenulisan dengan tema “2 Jam Bisa jadi Wartawan”. Webinar tersebut diinisiasi oleh para kru redaksi majalah El-Nilein sebagai jawaban dan penyelesaian masalah yang terjadi antar sesama penulis, yaitu deadline pengumpulan tulisan yang sering terlambat dan cara-cara jitu menjadi wartawan yang handal. Webinar kali ini dilaksanakan secara online melalui platform rapat zoom, yang diikuti oleh 66 peserta yang merupakan Warga Neagara Indonesia dari berbagai negara yang Sebagian besarnya merupaka mahasiswa, termasuk Indonesia.

            Dalam webinar tersebut, El-Nilein menghadirkan Cheta Nilawati Prasetyaningrum sebagai bintang tamu, yang mana ia adalah seorang wartawan senior Tempo. Dalam pertemuan tersebut ia menjelaskan bagaimana cara menghadapi deadline atau masa tenggang pengumpulan tulisan dengan mudah dan bahagia. Cheta adalah seorang wartawan tunanetra yang masih berkecimpung di dunia tersebut sampai saat ini. Ia kerap kali meliput berita tentang korupsi di Indonesia, “Dulu waktu mata saya masih sehat, hampir setiap hari saya ke KPK, meliput berita rekening gendut pemerintah,” kenangnya.

            Selain Cheta, webinar kali ini juga menghadirkan Harun Mahbub Billah sebagai narasumber, yang mna ia kini tengah menjabat sebagai redaktur pelaksana di Liputan6.com. Bebagai tips dan trik mudah menulis berita dipaparkan oleh Harun, lalu bagaimana seorang wartawan mengemas berita yang aktual dan menarik. Harun juga akan memberikan bimbingan berkelanjutan kepada peserta webinar secara online tentang cara menulis berita, sehingga diharapkan para peserta benar-benar dapat mengolah dan mengemas berita secara benar.

            Webinar yang dipandu oleh Laili Maya Ramadani sebagai moderator acara, berlangsung sangat meriah. Dimulai pukul 13.17 WIB dan berakhir pada pukul 16.07 WIB, para peserta sangat antusisas mengikuti webinar tersebut dengan dibuktikan dari banyaknya pertanyaan yang masuk kepada moderator.

            Harapannya dengan diadakannya webinar kali ini, para penulis tak lagi merasa tertekanan dengan deadline, dan mudah menulis, serta dapat mengemas berita secara benar. Kedepannya, webinar ini akan dilakukan secara berkelanjutan, setahap demi setahap, sehingga akan diadakan webinar kepenulisan di masa mendatang, seperti yang dikatakan Direktur Majalah El-Nilein dalam sambutannya.

Tidak ada komentar