Terhangat

The Miracle of Sedekah

 

Sumber: pinterest

Sedekah atau shadaqah adalah pemberian seorang muslim kepada fakir miskin atau orang yang berhak menerimanya. Sedekah sendiri bukan termasuk kewajiban zakat yang artinya lebih luas dari zakat. Sedekah sendiri bukan hanya memberikan atau menyumbangkan harta, tetapi juga melingkupi semua amalan dan perbuatan baik, salah satunya adalah tersenyum.

Allah berfirman dalam Ssurah Al-Baqarah ayat 276

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.”

 

Dalam ayat tersebut Allah berkata akan memusnahkan riba yaitu dengan mengurangi dan melenyapkan berkahnya, dan Allah akan menyuburkan sedekah dengan maksud menambah dan mengembangkan serta melipatgandakan pahalanya.

Hukum sedekah sendiri adalah sunah atau dianjurkan, yang mana apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala atau kebaikan, sedangkan jika ditinggalkan maka tidak mendapatkan dosa. Namun, sedekah dapat berubah hukumnya menjadi wajib jika seorang muslim telah mampu dan berkecukupan berjumpa dengan orang lain yang kekurangan.

 

 

 

Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari di saat terbitnya matahari: berbuat adil terhadap dua orang (mendamaikan) adalah sedekah; menolong seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah; Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

 

Sedekah memiliki makna sebuah amal yang muncul dari hati, dipenuhi dengan iman yang benar, niat yang shahih, dan bertujuan untuk mengharap rida Allah.

Adapun keajaiban dari sedekah sangatlah banyak, berikut beberapa keajaiban dan keutamaan sedekah:

1.    Pahala sedekah akan dilipatgandakan

Allah akan melipatgandakan pinjaman yang diberikan oleh kaum muslim. Pinjaman yang dimaksud di sini adalah pinjaman yang berdasarkan jalan Allah yaitu sedekah. Allah tidak hanya membalas dengan dua atau tiga kali lipat, akan tetapi akan melipatgandakan pinjaman tersebut dengan besaran yang tak terhingga. Allah berfirman;

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

 

2.    Sedekah merupakan perisai dari api neraka

Sedekah yang kita kelurkan dijalan allah sejati nya akan menjadi penghalang dan perisai diri kita dari api neraka, hal ini sebagaimana yang di sabdakan oleh baginda Rasululla;

فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

"Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik."

(HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016).

 

3.    Menolak bala

Orang yang gemar bersedekah dalam kehidupannya sehari-hari insyaAllah Allah akan menjauhkan ia dari marabahaya serta memanjangkan umurnya, yang mana hidupnya akan penuh dengan keberkahan.

وقال صلى الله عليه وسلم: {الصَّدَقَةُ تَرُدُّ البَلاَء وَتُطَوِّلُ العُمْرَ}.

Nabi Muhammad saw bersabda: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur.”

 

4.    Didoakan oleh malaikat

Seseorang hamba yang sangat suka bersedekah, bahkan tidak pernah luput dari bersedekah setiap harinya maka malaikat akan senantiasa mendoakannya.

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

 

Dari Abu Hurairah radliallahu anhu bahwa Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya," sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)." (H.R. Bukhari) [No. 1442 Fathul Bari] Shahih.

 

5.    Tertutupnya 70 pintu keburukan

Salah satu keutamaan sedekah yaitu dapat menutup 70 pintu keburukan, sebagaimana yang Rasul katakan;

وقال صلى الله عليه وسلم: {الصَّدَقَةُ تَسُدُّ سَبْعِيْنَ بَابًا مِنَ السُّوءِ}.

Nabi saw bersabda: "Sedekah itu bisa menutup 70 pintu keburukan”.

 

6.    Sedekah menghindarkan diri dari murka Allah

Dengan bersedekah kita dapat mendatangkan keberkahan untuk diri kita pribadi dan juga orang sekitar selain itu bersedekah ternyata juga dapat menjauhkan kita dari murka Allah.

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِىءُ غَضَبَ الرَّبِّ وَصَدَقَةُ العَلاَنِيَةِ جُنَّةٌ مِنَ النَّار}.

Nabi Muhammas saw bersabda: "Sedekah sirri (secara rahasia) memadamkan murka Allah dan sedekah secara terang-terangan merupakan perisai dari neraka.”

 

Dengan sedekah yang kita berikan kepada orang lain itu akan membantu mereka dan juga membatu untuk diri kita sendiri. Sedekah sendiri bukan hanya memberikan harta kita di jalan Allah, akan tetapi sedekah memiliki makna yang luas dan bukan hanya sekedar materi.

Mari kita ringankan hari-hari kita dengan bersedekah, walaupun hanya memberikan sebuah nasihat, mengeluarkan tenaga, menyumbangkan pikiran, ataupun hanya dengan senyuman tulus. InsyaAllah semua itu akan mendapatkan balasan yang baik di sisi Allah.

 

Zaid abdul aziz

Mahasiswa International University of Africa


Tidak ada komentar