Terhangat

Pelatihan Jurnalistik, El-Nilein Kupas Cara Menulis Artikel

 


Khartoum (30/7) – Lembaga El-Nilein adakan pelatihan menulis artikel bagi para kru yang berlangsung di Aula Ahmad Surkati, Sekretariat PPI Sudan. Pelatihan menulis artikel ini merupakan rangkaian dari pelatihan jurnalistik yang diadakan Lembaga El-Nilein sekaligus menutup rangkaian pelatihan kepenukisan yang diselenggarakan oleh Lembaga El-Nilein untuk meningkatkan kompetensi para kru dalam dunia tulis-menulis.

            Dalam kesempatan ini, Supriyanto, selaku pemateri mengupas tuntas bagaimana cara menulis artikel yang baik dan menarik. Beliau memaparkan tentang definisi, jenis-jenis, cara membuat outline, hingga bagaimana membuat penutup tulisan yang menarik. “Tahu nggak pengertian artikel itu apa?” Tanya beliau kepada para peserta, sebelum memulai menjelaskan dan mengupas seluk-beluk cara menulis artikel.

            Pemateri juga menjelaskan beberapa format outline yang bisa digunakan dalam pembuatan artikel. Menurut pengalaman pribadi beliau, format outline bisa menggunakan format runtut yang mengurutkan tema, mengerucutkan topik, menentukan kalimat pembuka yang menarik, menguraikan isi, serta membuat penutup. Namun ada lagi format outline yang sedikit berbeda dalam hal teknik menguraikan isi, “Format outline yang lain, yang sering saya gunakan itu adalah menguraikan isi dengan tidak runtut. Misal, apa yang ada diparagraf dua justru penjelasannya ada di paragraf kelima. Outline bentuk ini harus diikuti dengan pemikiran mendalam tentang bagaimana pertanyaan orang terkait tulisan kita. Misal, ketika membaca paragraf kedua tulisan saya, kira-kira orang akan bertanya apa, nah, nanti pertanyaan itu saya jelaskan, misal, di paragraf kelimanya. Begitu ....” Papar Supriyanto menjelaskan.

            Pelatihan jurnalistik berlangsung sukses dengan keterlibatan aktif peserta dalam menjawab dan bertanya seputar materi yang dipaparkan. Dalam kesempatan ini pemateri juga menyisipkan tips-tips bagaimana agar artikel terlihat menarik. Misal dengan memberikan narasi pada kalimat pembuka dengan pertanyaan yang memicu rasa penasaran atau fakta yang sedang menggemparkan. Selain itu, dalam menulis artikel yang menarik, menurut Supriyanto, penulis juga harus memberikan penutup yang berkesan. Sekiranya ketika membacanya, para pembaca tertarik untuk mempelajari lebih dalam di sumber yang lain terkait topik tulisan yang kita buat.

            Dengan diadakannya pelatihan menulis artikel, diharapkan kru Lembaga El-Nilein dapat menghasilkan artikel-artikel yang tidak hanya menarik, tetapi juga benar dan baik. Pelatihan jurnalistik yang dibawakan oleh Supriyanto ini sekaligus menutup rangkaian pelatihan menulis untuk kru El-Nilein periode 2021/2022. Semoga kedepannya, El-Nilein bisa tetap menjadi wadah belajar, berkreasi, dan berbagi untuk para mahasiswa yang ingin menyuarakan aspirasinya, menebar kebermanfaatan dan kebaikan lewat literasi, serta menjadi rumah  untuk suara mahasiswa pada dunia.

 

Faradilla Awwaluna Musyaffa’

Mahasiswa International University of Africa

 

Tidak ada komentar