Terhangat

Lembaga El-Nilein Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik Internal Esai dan Sastra Fiksi

Sumber:dokumentasi penulis

Khartoum-  Jumat, 9 Juli 2021 Pengurus Harian (PH) Badan Otonom El-Nilein gelar Pelatihan Jurnalistik Internal dengan tema "Esai" dan "Sastra Fiksi" dengan menghadirkan Faradilla Awwaluna Musyaffa' dan Muhammad Saefurrahman sebagai pemateri. Pelatihan jurnalistik ini diselenggarakan di Aula Ahmad Surkati, Sekretariat PPI Sudan.

Dihadiri oleh seluruh Kru Lembaga El-Nilein, Nailul Rohmatul Muwafaqoh selaku moderator mengawali acara dengan pembukaan, sementara tilawah Al-Qur'an oleh Suprianto.

Sesi pertama acara ini adalah pemaparan materi seputar "Esai" yang dibawakan oleh Faradilla Awwaluna Musyaffa selaku Direktur Lembaga El-Nilein periode 2021-2022, serta finalis 10 besar esai tentang  Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia Dunia Kawasan (PPIDK) Timur Tengah pada tahun 2019. Menurutnya membuat esai itu penting, karena membuat kita berpikir secara kritis dan menanggapi sesuatu atau isu tertentu dengan baik. "Esai itu penting karna ya, kita membuat kita berpikir secara kritis dan menanggapi sesuatu atau isu dengan baik, dan tentunya pake fakta" ucapnya.

Sesi kedua adalah materi seputar "Sastra Fiksi" yang dibawakan oleh Muhammad Saefurrahman (juara dua cerpen yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun 2017). Menurutnya menulis fiksi adalah sebuah kebebasan, adapun teknik atau teori hanyalah sebuah hasil proses kreatif dan penemuan individual, karena setiap penulis dan penyair bekerja dengan teknik masing-masing.

Pelatihan jurnalistik ini adalah rentetan program kerja organisasi, yang dengannya diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya kru redaksi dalam menjalankan amanahnya selama satu periode kedepan.

Sesi yang terakhir adalah penyerahan sertifikat pemateri oleh sekretaris dan pimpinan redaksi dan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta acara.


Nashruddin Hasan Maryono

Tidak ada komentar