Terhangat

7 Tips Menghadapi Haromi

Sumber: metro.tempo.co

Hidup di negara yang sedang tidak baik-baik saja memang tak mudah. Lebih-lebih di negara yang sedang mengalami krisis ekonomi. Krisis ekonomi inilah yang membuat kriminalitas merajalela dan inflasi yang cukup tinggi, membuat semua harga bahan pokok melambung tinggi.

Hidup semakin susah, penghasilan tak betambah sama sekali. Sementara mencari pekerjaan cukup sulit. Ditambah dengan virus covid-19 yang tak kunjung usai, seolah semua ini merupakan paket komplit penyebab kriminalitas yang merajalela.

Karena itulah kita harus pandai dalam melindungi diri. Maka dari itu, penulis ingin berbagi tips menghindari hal yang tak diinginkan terjadi pada kalian. Berikut beberapa tips agar diri aman dari tindak kriminal haromi;

1.    Jauhi Tempat yang Sepi

Satu hal yang paling penting, hindari tempat yang sepi. Karena banyak kasus pencurian dan kriminalitas lainnya terjadi di tempat sepi, di mana  korban tak mungkin bisa meminta tolong kepada orang-orang sekitarnya, dan kemungkinan kecil para pejalan kaki akan berjalan di tempat yang sepi.

2.    Hindari Melakukan Hal yang Menarik Perhatian Pencuri

Menggunakan gawai di tengah jalan seakan memberi kesempatan bagi pencuri. Ketika kita menggunakan gawai di jalan, sering kali kita tidak fokus dengan hal di sekitar. Jadi, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan gawai di jalan.

3.    Jangan Berjalan Seorang Diri

Melihat tingkat kriminalitas yang tinggi, sebaiknya kita menghindari untuk berjalan seorang diri. Dengan adanya teman yang bersama kita, setidaknya kita akan merasa terlindungi, selain itu teman juga bisa menjadi saksi atas keberadaan kita dan tindakan kriminal yang terjadi.

4.    Letakkan Tas di depan atau Sembunyikan Barang Berharga

Satu saran dari penulis, jika kita membawa uang yang cukup banyak, jangan semua ditaruh di tas. Kalau-kalau tas kita diambil, setidaknya kita masih memiliki uang yang cukup. Bagi pemakai tas selempang, alangkah baiknya untuk menggunakan tas di depan. Dengan begini kita bisa mengawasi tas kita.

5.    Membawa Senjata

Membawa senjata bisa menjadi salah satu alternatif untuk melindungi diri. Senjata yang dimaksud seperti pisau, semprotan merica atau cabai. Dalam hal ini kita juga perlu mengendalikan kepanikkan, agar dapat bertindak sebelum benar-benar terjadi. Letakkan cutter atau pisau jangan di luar tas, seperti pada ikat pinggang atau di handsock.

6.    Belajar beladiri

Dalam hal ini, beladiri menjadi sebuah kewajiban. Kalau tak sempat mempelajari semua gerakan beladiri. Cukup pelajari gerakan beladiri paling ampuh, tidak wajib semua. Bagaimana cara melumpuhkan musuh. Itu yang paling penting.

7.    Berdoa

Inilah yang terakhir tapi yang paling penting. Sesungguhnya tak ada pelindung terbaik selain diri-Nya. Perbanyak dzikrullah jika ingin bepergian. Semoga dengan perbanyak dzikir ini Allah melindungi kita.

Nah, itulah sedikit tips dari penulisan. Semoga bisa membantu sobat El-Nilein sekalian dalam menghadapi tindakan kriminal yang cukup merajalela. Tetap tingkatkan kewaspadaan dan perbanyak doa. Stay save semua.


Kuni Abida Kamila

Mahasiswa International University of Africa

 

 

 

 


Tidak ada komentar