Terhangat

Nasi Lengko, Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Banget Dicoba!


Sumber: gotravelly.com

Oleh: Adeline Suriadi

Ketika penat melanda, berlibur merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menjernihkan pikiran, apalagi jika dapat berlibur bersama dengan teman-teman. Berlibur tidak harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama, liburan singkat selama satu sampai tiga hari saja sudah sangat cukup asal dapat memanfaatkan waktu liburan dengan baik. 

Saat melakukan liburan singkat di dalam negeri, ada satu hal yang tidak boleh terlewatkan yaitu wisata kulinernya, karena masing-masing kota umumnya memiliki makanan khas daerah yang patut dicoba. Salah satu kota yang terkenal dengan kulinernya adalah Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. 

Sumber:  dokumen pribadi

Ketika mengunjungi Cirebon dan ingin mencoba wisata kuliner di sana, yang terbesit di pikiran banyak orang adalah Empal Gentong dan Nasi Jamblang. Namun, sebenarnya masih banyak kuliner khas Cirebon selain kedua makanan tersebut yang patut dicoba, salah satunya adalah Nasi Lengko yang sudah terkenal dan merambah hingga ke luar daerah Cirebon 


Sebenarnya, apa sih yang disebut dengan Nasi Lengko?

Nasi Lengko merupakan makanan berat berupa seporsi nasi yang dilengkapi dengan potongan tahu, tempe, timun segar, dan tauge rebus. Selanjutnya, nasi dan toppingnya ini disiram dengan bumbu kacang yang dipadukan dengan kecap manis, dan untuk melengkapi kelezatannya, di atasnya diberi taburan daun kucai dan bawang goreng. 

Nasi Lengko merupakan menu makanan yang sangat cocok untuk para vegetarian, karena tidak mengandung daging sama sekali. Jika ingin menyantap hidangan ini dengan daging, Anda dapat memesan sate kambing yang umum tersedia di lapak penjual.

Soal harga, kuliner ini merupakan salah satu yang memiliki harga murah. Seporsi nasi lengko biasanya dibanderol dengan harga Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,-. Jadi, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk menyantap Nasi Lengko. Salah satu penjual nasi lengko yang direkomendasikan adalah Nasi Lengko Haji Barno yang terletak di Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. 

Selamat mencoba dan menikmati!




Tidak ada komentar