Terhangat

HAMPURASUN (Halalbihalal Persatuan Pelajar Putri Indonesia Sudan)

 


Sumber: dokumentasi penulis

Oleh: Lutfiana*

Halalbihalal menjadi tradisi yang selalu melekat setiap perayaan Hari Raya Idulfitri. Tradisi ini biasanya berupa acara pertemuan atau perkumpulan yang digelar untuk saling bermaaf-maafan. Namun, ternyata tradisi halalbihalal ini bukan berasal dari Arab, melainkan Indonesia. Hanya masyarakat Indonesia yang memiliki dan melakukan tradisi halalbihalal ini di setiap momen perayaan Idulfitri.

Oleh karena itu, untuk menjaga tradisi yang melekat dan menjadi ciri khas Indonesia ini, PPPI Sudan menggelar acara HAMPURASUN (Halalbihalal Persatuan Pelajar Putri Indonesia Sudan) pada Jumat (14/05) pukul 08.30 CAT sampai selesai di Sekretariat PPI Sudan dengan tema “Mengeratkan Ukhuwah Menjalin Silaturahmi di Hari yang Fitri”.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Alieva dan Abida selaku Master of Ceremony, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Fina. Dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana, Nila Angelina yang diwakili oleh Ketua PPPI Sudan, Mala Himma Ulya.

“PPPI Sudan adalah milik semua mahasiwi Indonesia dan akan mengakomodir seluas-luasnya semua keinginan, harapan, dan suara mahasiwi Indonesia, SEMUA! Jika kamu seorang aktivis yang ingin menyuarakan pendapat, PPPI Sudan adalah punggungmu. Jika kamu seorang mujtahidah yang ingin berdakwah, PPPI Sudan adalah umatmu. Jika kamu seorang seniman yang ingin menunjukkan bakat, PPPI Sudan adalah kanvasmu. Bahkan jika kamu seorang musafir yang telah lama tersesat di gurun, PPPI Sudan telagamu,” ujar Mala.

“Keep fight and keep your faith,” sambungnya.

Acara formal ini ditutup dengan doa khatmil Qur’an yang dipimpin oleh Bunda Nyimas dan foto bersama semua tamu undangan yang telah hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan acara non-formal yaitu Quality Time Family, Games, Nasyid oleh Asiqin Voice, Ramah Tamah, Sosialisasi Program Kerja PPPI Sudan periode 2021/2022, Doorprize, dan ditutup dengan Mushofahah (bersalam-salaman).

“Mohon doa dan support-nya dari kakak-kakak semua, semoga proposal dan infak PPPI lancar jaya dan semoga semua program kerja yang telah dirancang berjalan dengan lancar kedepannya dan menjadi awal yang baik untuk menebar manfaat,” harap Wakil Ketua, Afifah Nabila saat sesi sosialisasi program kerja. 

*Mahasiswi International University of Africa

Tidak ada komentar