Terhangat

Pelantikan Kru El-Nilein 2021-2022 : Siap Menjawab Tantangan Zaman dan Membangun Peradaban


Sumber: Dokumentasi PPI Sudan

Khartoum, (11/04) - Lembaga El-Nilein PPI Sudan mengadakan pelantikan pengurus periode 2021/2022 di sekretariat PPI Sudan.  Dengan tema "Bersuara untuk Dunia, Bersama Keluarga El-Nilein Lintas Masa". Diharapkan dengan adanya jalinan kerjasama keluarga El-Nilein dari lintas masa ini mampu menjembatani para kru dalam mewarnai iklim dunia di bidang literasi dan kepenulisan.

Pelantikan kali ini dihadiri oleh MPA PPI Sudan, Pimpinan P4 PPI Sudan, dan tamu undangan yang terdiri seluruh pimpinan redaksi majalah di Sudan, dan kru El-Nilein periode-periode sebelumnya. Acara berlangsung mulai pukul 09.30 CAT hingga 11.00 CAT dengan sukses.

Acara dimulai oleh Fachri Ananda Muchti selaku MC, dilanjutkan pembacaan Ayat Suci Al-Quran yang dibawakan oleh fathul Mubin serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PPI Sudan oleh semua hadirin.

"Kita dihubungkan dengan ide-ide yang menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Ada perputaran ide di sana. Kalau kita biasanya mencari-cari materi-materi yang bersifat keagamaan kemudian kita dituntut dengan ide yang sesuai dengan zaman yang sekarang, misalnya pemanasan global, budaya, dan lainnya yang menurut pandangan orang di luar El-Nilein menganggap ini bukan islami, tapi ternyata itu islami. Karena Islam tanpa menggunakan kata Islam pun sudah mencakup banyak aspek," kata Yahya Ayyas selaku direktur El-Nilein periode 2020/2021 mengawali sambutannya.

Ayas juga menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa Indonesia di Sudan untuk bekerjasama membangun relasi yang luas agar dapat memberikan sumbangsih pada kemajuan peradaban dunia.

Sambutan kedua disampaikan oleh Habib Abdurrohman Izuddin selaku pimpinan P4 PPI Sudan.

"Kami melihat jajaran El-Nilein saat ini adalah suatu kebanggaan, ternyata kita tidak kehabisan bakat di El-Nilein yang telah berumur 18 tahun, umur yang sudah dapat membentuk idealisnya. Maka di umur 18 ini harus ada gagasan-gagasan baru apalagi dengan tantangan zaman yang semakin hari semakin banyak dan problematika kontemporer yang terus bertambah maka sudah saatnya kita menjawab tantangan zaman," kata Habib.

Acara dilanjutkan dengan  prosesi pelantikan dan pembacaan ikrar yang dipimpin oleh direktur El-Nilein periode 2021/2022, Faradilla Awwaluna Musyaffa’ yang sebelumnya terpilih dalam pemilihan direktur di acara RTBO pada Rabu (10/03).

Seusai pembacaan ikrar, Faradilla memberikan sambutan selaku direktur. Beliau menyampaikan pesan-pesan dan visi-misinya dalam menjalankan roda kepemimpinan El-Nilein selama periode 2021/2022.

"Telah kita ketahui begitu maraknya teknologi yang berkembang ditengah masyarakat hingga mereka bimbang mana sumber informasi yg bisa diserap dan mana yang hanya menyebarkan ujaran kebencian. media yang digunakan untuk Elnilein harus hadir sebagai solusi, media massa yg dipercaya masyarakat, dan menjadi suara mahasiswa untuk dunia. Terkhusus bagi kru El-Nilein, jadikan El-Nilein ini sebagai wadah untuk ide-ide inovasi, dan bahkan suara kalian yg sebelumnya belum didengar dunia. Kami siap menjadi wadah tempat belajar karena disini kita keluarga," kata Faradila.

Acara pelantikan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Falah Aziz dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh jajaran kru Majalah El-Nilein.

 

Reporter : Lukman al-Khakim

 

Tidak ada komentar