Terhangat

Lima Ganimah selama Ramadan bagi Mahasiswa Indonesia di Asrama Maududi IUA Sudan


Sumber: Dokumen Pribadi

Oleh: Amin Shiddiq*

Bulan Ramadan tentu bulan yang kita tunggu-tunggu. Bulan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Amal ibadah pada bulan mulia ini dilipatgandakan, pintu-pintu surga dibukakan, dan pintu-pintu neraka ditutup rapat-rapat. Bulan yang ada padanya satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Semoga dengan Ramadan ini kita mendapatkan tiket masuk ke surga-Nya.

International University Of Afrika (IUA) adalah salah satu kampus Islam yang menjadi favorit mahasiswa asing di Sudan. Sebagian besar mahasiswa yang berkuliah di kampus ini mendapatkan beasiswa, baik beasiswa penuh (100%) ataupun hanya 75% saja. Mahasiswa asal Indonesia termasuk yang banyak mendapatkan jatah beasiswa.

Kampus IUA memberikan banyak fasilitas seperti; asrama, masjid, makan tiga kali sehari, dan fasilitas umum lainnya untuk para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Asrama laki-laki dan perempuan dipisah, untuk laki-laki berada di kompleks asrama Markaz dan  Maududi, khusus perempuan berada di komplek asrama Banat.

Sebagian besar mahasiswa memilih tinggal di asrama, mereka memanfaatkan fasilitas yang diberikan kampus. Asrama Maududi salah satunya yang masih banyak mahasiswa Indonesia tinggal di sana. Terhitung jumlah mahasiswa yang tinggal di asrama Maududi saat ini sekitar 91 orang. 

Penulis akan berbagi informasi terkait ganimah apa saja yang bisa didapatkan oleh para mahasiswa Indonesia yang tinggal di asrama Maududi selama bulan Ramadan. Ganimah yang penulis maksud di sini adalah keuntungan-keuntungan yang bisa didapat secara cuma-cuma, tanpa harus bersusah payah untuk mendapatkannya. 

Setidaknya ada lima ganimah yang bisa didapat para mahasiswa asrama Maududi selama bulan Ramadan. Pertama, dapat mengikuti salat tarawih satu juz. Kedua, dapat mengikuti halaqoh Al-Qur'an. Ketiga, memiliki relasi lintas dunia. Keempat, menikmati makanan dapur Ramadan. Kelima, lebih hemat pengeluaran.

Tarawih Satu Juz

Salat tarawih yang dilaksanakan di masjid Raudah (masjid kompleks asrama Maududi) pada malam bulan Ramadan lebih kurang satu juz Al-Qur'an. Hal ini sangat membantu kita untuk berlama-lama menghidupkan malam bersama Al-Qur'an. 

Halaqoh Al-Qur'an 

Setelah salat Subuh, kita bisa menuju bagian bawah masjid Raudah, di sana ada halaqoh Al-Qur'an. Kita bisa menyetorkan hafalan baru ataupun mengulang-ulang hafalan yang lama (murajaah). Selain bulan Ramadan, halaqoh Al-Qur'an masih tetap ada setelah salat Magrib.

Relasi lintas dunia

Tinggal di asrama Maududi mengharuskan kita untuk berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswa dari belahan dunia. Kita pun saling mengenal satu sama lain. Tentu ini sangat membantu kita untuk mempraktikkan bahasa Arab yang telah dipelajari. Selain itu, kita juga dapat mengetahui kebiasaan ngabuburit mereka, serta mengetahui berbagai takjil yang mereka miliki saat Ramadan.

Dapur Ramadan

Dapur Ramadan hanya terdapat pada bulan Ramadan saja, di bulan lain biasa disebut Dapur Tercinta yang merupakan perkumpulan mahasiswa Indonesia yang tinggal di asrama Maududi. Menjadi salah satu wadah untuk mengaplikasikan semua ilmu yang dipelajari di kampus ataupun di luar kampus (mulazamah), berkhidmah untuk umat, peduli dengan sesama, dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Di sini kita juga dipacu untuk bersikap murah hati, ringan tangan, dan giat belajar. Selain itu, yang tak kalah penting adalah Dapur Ramadan ini juga menyediakan makanan khas Indonesia untuk sahur dan berbuka puasa seperti: teh manis, susu jahe, pecel ayam, soto, dan lain sebagainya. 

Lebih hemat

Tinggal di asrama Maududi dapat menghemat pengeluaran yang ada. Kita tidak perlu lagi mengeluarkam biaya sewa rumah, bahkan makanan untuk sahur dan buka puasa pun sudah disediakan pihak kampus. Sehingga kita bisa lebih menghemat pengeluaran selama Ramadan dan dana tersebut juga bisa kita alihkan untuk menyokong kegiatan Dapur Ramadan. Jadi, selain bisa berhemat, peluang bersedekah kita pun sangat besar.

Itulah lima ganimah yang bisa kita dapatkan selama Ramadan dan hal ini patut kita syukuri, karena kita bisa mendapatkan satu paket ganimah tersebut secara bersamaan di asrama Maududi, sedangkan di tempat lain belum tentu kita bisa mendapatkan hal itu secara bersamaan. Sangat bahagia rasanya bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang telah disebutkan di atas. Semoga kita mampu memanfaatkan ganimah itu dengan sebaik mungkin.


*Mahasiswa International Univesity of Africa



Tidak ada komentar