Terhangat

5 Manfaat Durian Untuk Kesehatan Wanita

Oleh Fenella Yogi* 


Durian, memiliki nama latin Durio Zibethinus, disebut sebagai “Raja Buah” karena terkenal dengan bentuknya yang besar, baunya menyengat dan kulitnya yang berduri. Selain bisa dimakan langsung, durian juga dapat diolah menjadi beberapa aneka kuliner yang menggiurkan, seperti pancake durian, dodol, hingga es krim dengan varian rasa durian. Tak hanya dagingnya saja, tetapi biji durian pun dapat dimasak untuk dikonsumsi.

Bagi para pecinta durian, buah berduri ini memiliki aroma manis yang menggiurkan. Sedangkan bagi sebagian orang yang kurang menyukai buah berduri satu ini, aroma durian sangat menyengat dan tidak sedap. Namun, tahukah Anda jika di balik bentuk dan aromanya yang khas, durian juga menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi kaum hawa. Berikut beberapa manfaat durian untuk kesehatan wanita yang jarang diketahui orang banyak:

  • Mencegah Penuaan Dini

Tak dipungkiri, tampil cantik dan awet muda adalah impian bagi sebagian besar perempuan. Ternyata di setiap 100 gram buah durian mengandung vitamin C sebanyak 19,7 mg. Vitamin C sendiri termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Vitamin C juga diketahui bermanfaat untuk menjaga struktur kolagen, sehingga dapat menghambat sel-sel yang menua dan mencegah penuaan dini. 

  • Melawan Kanker

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin C merupakan vitamin antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Di mana tanpa antioksidan dalam tubuh, maka radikal bebas akan tumbuh secara terus menerus secara alami dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Salah satu jenis kanker yang biasa dialami oleh wanita, yaitu kanker payudara. Dengan mengkonsumsi durian, vitamin C dan beberapa kandungan vitamin lainnya di dalam buah ini dapat berfungsi sebagai antioksidan dan memerangi radikal bebas yang akan memicu sel kanker payudara.

  • Menyehatkan Sistem Reproduksi

Menurut data yang dikutip dari (https://ndb.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/168192/nutrients) dalam per 100 gram buah durian, mengandung 36 mikrogram folat, yang mana folat berfungsi untuk menguatkan sel telur pada dinding rahim wanita. Selain itu, folat juga baik untuk meningkatkan sel darah  merah dan mengurangi resiko anemia. Jika anemia terjadi pada wanita hamil, dapat memengaruhi kondisi janin. Maka dari itu, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan folat alami selama masa kehamilan.

  • Meningkatkan Kesuburan dan Menyembuhkan PCOS

Selain folat, sebuah penelitian menunjukkan bahwa di dalam buah durian mengandung hormon estrogen yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Kekurangan hormon estrogen pada seorang wanita dapat menghambat kehamilan, atau yang biasa disebut dengan PCOS. Selain itu, mengonsumsi buah durian dapat meningkatkan libido serta stamina seksual yang lebih kuat, bukan hanya pada perempuan tetapi juga pada pria.

  • Sebagai Sumber Energi

Dilansir dari (https://ndb.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/168192/nutrients) dalam 100 gram buah durian, terdapat kandungan energi 147 kkal, Protein 1.47 gram dan karbohidrat sebanyak 27.09 gram. Pada perempuan dengan rentang usia anak-anak ataupun lansia, jumlah karbohidrat pada durian mampu mencukupi 10% dari jumlah kebutuhan per hari. Karbohidrat sendiri diketahui berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh, untuk melakukan aktivitas seharian. Karbohidrat juga merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil.

*CEO Penerbit Prospec Media

Tidak ada komentar