Terhangat

Nur Muhammad yang Selalu Abadi

Oleh Falah Aziz

Muhammad.. namamu bagaikan salju yang menyejukan kalbu, di antara panasnya terik matahari yang menyengat tubuh. Sabda-sabdamu terpatri di dalam kalbu. Jejak perjuanganmu mengarungi bahtera kehidupan terekam dalam sanubari umatmu. Engkaulah guru kehidupan yang menyinari jagat raya ini melalui pesan yang engkau sampaikan dari Sang Ilahi. Kau mengangkat kejahilan yang mendera umatmu, lembut tutur katamu tak pernah menyayat sedikitpun hati. Kaulah sebaik-baiknya ciptaan di antara ciptaan-Nya yang lain.

Walau kami tak pernah melihat wajahmu, tapi namamu selalu terngiang di hati. Namamu bagaikan petir yang menyambar kesombongan kaum yang memusuhimu. Namamu ma’sum di hadapan-Nya. Perkataanmu, perbuatanmu, keputusanmu adalah cerminan bagi umatmu. Sirah perjuanganmu termaktub di dalam Al-Qur’an. Bahkan pengaruhmu tidak hanya terbatas pada bangsa Arab ataupun umat Islam saja, melainkan semua makhluk di jagat raya, hingga melampaui dimensi ruang dan waktu.

Kaulah pemimpin sejati di antara pemimpin pemimpin yang ada. Kau bentangkan semangatmu dari ujung timur hingga ke ujung barat. Namamu tak pernah alpa disanjung dan didoakan oleh umatmu. Nilai-nilai perjuanganmu mengalir kepada para penerus perjuanganmu. Kau satukan umat di dunia melalui namamu diantara perbedaan-perbedaan mendasar, ras, bangsa, bahasa, dan kultur.

Namamu tidak hanya masyhur di bumi, bahkan langit pun bersaksi atasmu. Kaulah pembawa rahmah bagi semua makhluk. Allah dan malaikat pun turut bersholawat atasmu. Berjilid-jilid sirah tentangmu tak akan cukup mengisahkan kehidupanmu. Engkaulah Rasul yang paling mulia. Dan engkau penutup dari utusan-utasan Allah yang lain, serta Nur-mu tak pernah padam dimakan zaman.

Allahumma Shalli wasallim ‘ala Sayyidina wa Habiibina wa Syafi’ina wa Maulana Muhammad.

Khartoum, 29-10-2020 / 12 Rabiul Awal 1442

Al-Faqiir ila Rahmati Rabbi

Tidak ada komentar