Terhangat

Bidadari Surga dan Calon Suaminya yang Ada di Dunia


Oleh Iffah Zehra*

Diriwayatkan oleh Ibnu Zaid bahwa seorang wanita penghuni surga yang berada di langit ditanya, “Apakah kamu senang kalau kami perlihatkan kamu kepada calon suamimu yang masih ada di tengah-tengah penduduk dunia?” Ia menjawab, “Ya.” Setelah tirai disingkapkan darinya pintu-pintu yang menghalangi dibuka, ia pun bisa melihat dan mengenali calon suaminya tersebut dengan jelas. Tetapi, ia hanya bisa memandanginya karena telapak kakinya enggan melangkah. Ia sangat rindu kepadanya, seperti kerinduan seorang istri kepada suaminya yang pergi meninggalkannya.

Hal itu terjadi karena mungkin antara suami dan istrinya yang ada di dunia sedang terlibat percekcokan atau pertengkaran yang membuat istrinya yang berada di dunia marah. Maka, dengan kesal istrinya yang berada di surga berkata, “Biarkan saja ia, karena ia bersamamu paling-paling hanya beberapa malam saja.”

Riwayat serupa diketengahkan oleh Tirmidzi dari Mu’adz bin Jabal bahwa ia berkata, “Jika seorang istri menyakiti suaminya di dunia, maka bidadari yang akan menjadi calon istrinya nanti di surga berkata, ‘Jangan kamu sakiti ia. Celaka kamu. Sesungguhnya ia hanyalah seorang tamu yang singgah di sisimu dan sebentar lagi ia akan pergi meninggalkan kamu menemui aku,’” kata Tirmidzi, hadis hasan gharib ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

MasyaAllah. Betapa pentingnya taat pada suami. Ini seharusnya membuat kita, para wanita dunia menjadi lebih bersemangat dan bersungguh-sungguh untuk menjadi wanita shalihah. Berusaha untuk menjadi sebaik-baik perhiasan. Berusaha lebih baik lagi daripada bidadari surga. 

Kata Ibnu Abbas, “Sesungguhnya di dalam surga terdapat bidadari bernama Lu’bah. Dengan sekali meludah ke laut, maka seluruh air laut akan berubah menjadi tawar. Di lehernya ada tulisan, ‘Siapa Yang Ingin Memiliki Aku, Ia Harus Taat Kepada Tuhanku Yang Mahamulia Lagi Mahaagung.’”

Referensi:

  • Buku At-Tadzkirat Bi Ahwali al-Mauta wa Umur al-Akhirat (Rahasia Kematian, Alam Akhirat & Kiamat) karya Imam Al-Qurthubi, Penerbit Akbarmedia (2013).
  • Artikel Muslimah.or.id berjudul Cantiknya Bidadari karya Ummu Ziyad, 2010.

*Sekretaris Pelaksana Millennial Connect PPI Dunia 2020

Tidak ada komentar