Terhangat

Berlindung dari Azab Kubur


Oleh Iffah Zehra*

Diriwayatkan oleh an-Nasai dari Aisyah bahwa ia berkata, “Rasulullah menemui aku ketika aku sedang menerima tamu seorang wanita Yahudi. Ia mengatakan, ‘Kalian akan terkena fitnah di kubur.’ Mendengar itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tersentak kaget lalu bersabda, ‘Sesungguhnya yang terkena fitnah itu adalah orang-orang Yahudi.’ Selang beberapa malam tinggal di rumahku Rasulullah bersabda, ‘Apakah kamu juga berpikir bahwa aku pernah diberi wahyu kalau orang-orang mukmin akan terkena fitnah di dalam kubur?’ Tetapi, aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bisa mohon perlindungan kepada Allah dari azab kubur.”

Diriwayatkan oleh an-Nasai dan Ahmad dari Asma’ bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya baru saja diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan ditanya oleh malaikat, ‘Apa yang kamu ketahui tentang orang itu?’ Bagi yang beriman atau yang yakin ia akan menjawab sebanyak tiga kali, ‘Dia itu adalah Muhammad rasul utusan Allah. Beliau datang kepada kami dengan membawa penjelasan-penjelasan dan petunjuk. Lalu kami sambut dan kami taati.’ Kemudian malaikat berkata kepadanya, ‘Tidurlah. Kami tahu bahwa kamu beriman kepadanya. Tidurlah Kami tahu bahwa kamu beriman kepadanya. Tidurlah sebagai orang saleh.’ Adapun bagi orang munafik atau orang yang bimbang ia akan menjawab, ‘Aku tidak tahu apa yang kalian tanyakan itu? Atau ia menjawab, ‘Aku tidak tahu, karena aku hanya mendengar tentang dirinya dari omongan orang-orang saja.”

Diriwayatkan oleh Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari azab kubur, dari azab neraka, dari fitnah kehidupan serta kematian, dari fitnah dajjal.” Hadis senada ini jumlahnya banyak sekali dan diriwayatkan oleh perawi terkemuka.

Referensi:

  • Buku At-Tadzkirat Bi Ahwali al-Mauta wa Umur al-Akhirat (Rahasia Kematian, Alam Akhirat & Kiamat) karya Imam Al-Qurthubi, Penerbit Akbarmedia (2013).

*Sekretaris Pelaksana Millennial Connect PPI Dunia 2020

Tidak ada komentar