Terhangat

4 Perawatan Kecantikan Lahiriah yang Perlu Dijaga oleh Muslimah


Oleh Iffah Zehra*

Keindahan lahiriah (fisik) yang dimiliki seluruh wanita adalah anugerah yang diberikan Allah Ta’ala. Keindahan ini tentu perlu dijaga dari kesombongan dan yang bukan mahram-nya. Ketahuilah, sebaik-baik wanita Muslimah adalah ia yang berhias hanya untuk suaminya. Benar adanya bahwa untuk dapat tampil cantik dan menawan, wanita Muslimah perlu mengetahui cara merawat kulit wajah dan cara merias wajah yang benar. Berdandan nggak perlu berlebihan, karena make up yang simple tidak akan mengurangi kecantikan seorang wanita. Berikut beberapa perawatan sederhana untuk menjaga kecantikan lahiriah seorang wanita Muslimah.

Pertama: Merawat wajah

Basuhlah wajah dengan air hangat sebelum tidur untuk mengangkat kotoran di pori-pori. Jangan lupa gunakan krim pagi dan malam yang sesuai dengan tipe kulitmu agar dapat terlihat cerah. Gunakan serum wajah untuk meminimalisir penuaan dini pada wajahmu. Tidak lupa, minum air putih minimal dua liter setiap hari agar kulit senantiasa lembab dan segar. Ingat, berwudu itu memang penting. Tapi, kamu juga perlu merawat dari dalam kulit wajahmu sebagai bentuk ikhtiar penuh.

Kedua: Make up wajah

Setelah wajahmu dibersihkan, berikan pelembab sesuai dengan tipe kulit. Bubuhkan alas bedak secara tipis dan merata. Kemudian, bentuklah alis dengan menyikatnya terlebih dahulu mulai dari pangkal ke ujung. Kelopak mata dibubuhkan perona warna netral. Misalnya, cokelat muda. Di ujung kelopak mata, bubuhkan warna lebih gelap agar mata terlihat lebih tajam dan menonjol. Jangan lupa, untuk memberikan eye liner. Kalau tidak bisa menggunakan eye liner pensil, gunakan yang berkuas. Lalu setelah itu berikan maskara.

Ketiga: Merawat Tubuh

Jadilah Muslimah yang mandi teratur minimal dua kali sehari. Cukuplah malu sebagai tiang, jika Muslimah masih saja tidak mau rajin mandi. Padahal, mandi secara bersih dan benar dapat menghilangkan kotoran setelah beraktivitas seharian. Jadikan mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan, bukan beban. Nah, selain mandi. Kamu sebagai Muslimah yang juga perlu melakukan luluran dua kali dalam seminggu. Gunanya agar menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit, sehingga kulit tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Keempat: Merawat rambut

Muslimah yang berhijab, penting sekali memperhatikan kebersihan dan kesehatan rambut. Cucilah rambut dengan bersih. Gunakan sampo anti ketombe atau anti rontok. Ingatlah untuk tidak mengenakan hijab bila rambutmu basah agar tidak lepek dan berbau tidak sedap. Bila perlu, sediakan vitamin rambut agar rambutmu makin sehat.

Untuk para Muslimah, menjaga kecantikan lahiriah juga dipengaruhi oleh pola makan, pola adab dan akhlak sehari-hari serta gaya hidup. Tidak ada salahnya kita sebagai Muslimah merawat kecantikan lahiriah sebagai rasa syukur kita kepada Allah Ta’ala. Selalulah ingat, bahwa perawatan apapun tidak akan ada gunanya apabila akhlak seorang wanita itu buruk. Wallahu A’lam.

Referensi:

  • Buku “Pesona Kepribadian Muslimah: Panduan Praktis Etika dan Pergaulan” karya Claudia Irawan Massie, Penerbit Dian Rakyat (2006).

*Sekretaris Pelaksana Millennial Connect PPI Dunia 2020

Tidak ada komentar