Terhangat

Tiga Pesan Malaikat Jibril Kepada Rasulullah SAW

Oleh Sufah Asufah

Malaikat Jibril adalah salah satu malaikat yang wajib kita ketahui yang bertugas untuk menyampaikan wahyu. Malaikat Jibril berpesan kepada Rasulullah Saw. yang juga pesan untuk kita.

Pertama: Hiduplah sesukamu karena sesungguhnya kamu akan mati.

Tidak ada yang abadi di dunia ini karena setiap yang bernyawa akan kembali jika sudah waktunya, masalahnya kita tak pernah tahu kapan dan di mana dan dalam keadaan apa saat kita kembali kepada Allah. Maka dari itu janganlah sia-siakan hidup kita dengan perkara yang hanya memberikan kerugian untuk diri kita baik di dunia dan juga akhirat. Maka lakukanlah hal-hal baik seperti yang terkandung dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah: 148,

"Dan bagi tiap  tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepada-Nya, maka berlomba lombalah dalam kebaikan."

Kedua: Cintailah siapapun yang kamu cintai, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya.

Mencintai seseorang adalah fitrah setiap  manusia, cinta pun tak terbatas kepada satu namun lebih luas, cinta kita kepada keluarga, cinta orang tua kepada anak-anaknya, cinta anak kepada kedua orang tuanya. Tapi sadarilah bahwa mereka semua adalah titipan yang setiap saat Allah Swt. akan ambil dan akan terpisah dari kita. Maka cintailah siapapun karena Allah dengan keridhaan. Cintailah apapun dengan tidak menggenggam terlalu erat.

Ketiga: Berbuatlah sesukamu karena sesungguhnya engkau akan diberikan balasan karenanya.

Dalam kehidupan sehari hari kita sering menjumpai bagaimana orang-orang di sekitar kita dan mungkin kita sendiri melakukan perbutan yang tidak terpuji, berlaku tidak adil, membicarakan keburukan orang lain, memfitnah, mencampuri urusan orang lain, dan lain sebagainya. Berhati-hatilah dalam melakukan sesuatu, sebab setiap perbuatan kita kelak akan ada hisabnya. Renungan untuk kita semua, bahwa tak ada satu perbuatan kita yang akan terlewat begitu saja, sebab Allah tidak pernah tidur, apapun yang kita lakukan tak luput dari pengawasan-Nya. Sadarkah kita terkadang kita sering menyakiti orang lain karena perkataan kita, pertanyaan kita, dan kita sering tak menyadari bahwa kita telah melukai orang lain. Senantiasalah berbuat kebaikan di mana pun dan kapan pun. Jalani hidup dengan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya agar selamat dunia dan akhirat.

2 komentar: