Terhangat

Rumah Banyak Lalat? Simak 5 Cara Alami Mengusirnya!

Oleh Faradilla Awwaluna Musyaffa'

Assalamualaikum ... sahabat El-Nilein di manapun berada. Selain akhir-akhir ini harus menyabarkan diri terkait dengan kebijakan pemadaman listrik bergilir yang membuat pening dan menghambat beberapa aktivitas kita sehari-hari, ada satu masalah lagi yang bikin gemes disamping menghadapi masalah listrik mati. Apa itu? Ya, fenomena banyaknya lalat yang berkeliaran di sekitar kita pada waktu siang juga menjadi satu fenomena yang cukup mengganggu.

Bagaimana tidak? Tempat hidup lalat yang identik dengan hal-hal kotor dan membusuk menjadikan hewan ini dinobatkan sebagai hama kotor karena mampu membawa lebih dari 100 jenis penyakit seperti tuberkolosis, disentri amuba, dan salmonella yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain itu lalat betina juga memiliki kemampuan bertelur dengan jumlah luar biasa; sekitar lebih dari 2000 telur dengan durasi menetas hanya dalam waktu 8-20 jam saja dan membutuhkan cukup 7-10 hari untuk berkembang sepenuhnya dari telur menuju lalat dewasa. Nah ... kebayang kan kenapa lalat di rumah tetap banyak walaupun sudah dibasmi dengan alat penyetrum serangga?

Tapi tenang saja sahabat El-Nilein, berikut ada 5 cara alami menurut beberapa sumber yang bisa kamu coba untuk mengusir atau setidaknya meminimalisir hewan ini di rumah kamu. Apa saja cara yang bisa dipraktikkan? Yuk simak pembahasanya di bawah ini:

  • Menggunakan Kamper atau Kapur Barus

Kamper adalah cara tidak sulit untuk mengusir lalat. Bau kamper yang sangat kuat sangat dibenci oleh lalat. Seperti halnya kemangi, kamper mengandung sifat anti-bakteri, anti-virus, dan mampu menghalangi serangga. Beberapa petani juga menggunakan cara ini untuk mengusir lalat buah di tanaman mereka dan terbilang cukup efektif dan lebih murah ketimbang harus membeli pestisida.

  • Menggunakan Garam

Bumbu dapur satu ini selain mampu menguatkan rasa makanan, rupanya juga ampuh untuk mengusir lalat. Caranya mudah cukup taburkan garam di area yang ingin dihindari dari gangguan lalat.

Untuk mengusir lalat, biasanya ada juga yang mencampurkan garam dengan paduan kunyit bubuk. Nah, perpaduan dua bahan alami ini selain mampu mengusir lalat juga mampu mengusir semut loh!
  • Menggunakan Perpaduan Jeruk dan Cengkeh

Buah jeruk yang disukai kebanyakan manusia ternyata tidak berlaku untuk lalat. Dikutip dari lifehack , jeruk yang biasa digunakan adalah jeruk mandarin, jeruk nipis, ataupun jeruk lemon. Lalat ternyata sangat membenci buah jeruk apalagi jika dikombinasikan dengan cengkeh.

Caranya mudah. Cukup sisipkan/tusukkan potongan cengkeh di jeruk yang masih utuh atau kamu bisa memotong jeruknya terlebih dahulu menjadi empat bagian, kemudian  sisipkan potongan cengkeh ke daging buahnya, terakhir taruh di piring dan tempatkan ke bagian-bagian yang kamu inginkan lalat tidak hinggap disana.

  • Mengusir Lalat dengan Bawang Putih

Untuk menggunakan cara ini kamu bisa mencampurkan bawang putih dengan kayu manis, bubuk cabai, plus air untuk dijadikan semprotan pengusir lalat. Haluskan ketiga bahan tersebut sebelum dituangkan ke botol penyemprot. Pastikan kamu sudah menyaringnya terlebih dahulu, ya.

  • Madu, Gula, dan Air untuk Lem Lalat Alami

Cara kelima tentu sedikit membutuhkan kreativitas kita, sahabat El-Nilein. Kalau kamu tidak mempunyai lem lalat yang biasa dijual di supermarket atau pasaran, kamu bisa membuat lem lalat sendiri dengan perpaduan tiga bahan alami tersebut.

Caranya,

1. Cukup masak campuran madu, gula, dan air dengan perbandingan 1:1:1 dengan api sedang sembari diaduk sampai rata.

2. Setelah tercampur rata matikan api dan tunggu sebentar agar suhunya menyesuaikan suhu ruangan.

3. Siapkan beberapa sedotan. Lumuri permukaan sedotan dengan campuran madu, gula, dan air yang tadi sudah dimasak.

4. Taruh di tempat yang diinginkan. Kamu bisa menancapkannya ke wadah yang telah diisi pasir sebagai tempat menancapkan sedotan yang telah dilumuri lem alami. Jangan lupa ganti sedotan kalau sudah banyak lalat yang terperangkap di sedotan tersebut, ya.

Nah, berikut 5 cara alami yang bisa kamu praktekkan untuk mengusir lalat dari rumah. Bahan dan caranya cukup mudah dan pastinya tidak menguras kantong sampai tipis, dong, ya? Jangan lupa! Selain mengamalkan lima cara diatas, tetap jaga kebersihan rumah dan rutin membuang sampah. Karena sebanyak-banyaknya dikasih ramuan pengusirnya sampai semprot obat kimia, kalau rumah dan lingkungannya tidak dibersihkan, akan tetap menjadi ‘rumah singgah’ idaman para lalat.

New normal sudah berlaku. Tetep jaga iman dan imun plus jangan lupa tetap upayakan patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Happy weekend. Have a nice day!

Tidak ada komentar