Terhangat

Mencintai dan Dicintai

Ilustrasi (kawanimut)

Oleh Maher Dzaky

Jika lelaki adalah batang pohon maka wanita adalah daunya, tanpa ada daun maka segalanya akan gersang, suram, hampa tak berwarna. Ketika dunia hanya dihiasi dengan batang yang kering maka tidak akan ada kesejukan di dunia ini. Namun begitu kuasa dan penyayangnya Allah hingga menciptakan daun untuk menyejukkan hati dan menenangkan jiwa manusia.

ketika engkau mencintai, maka setialah kepada cinta yang ingin kau bangun, dan bangunlah cinta tersebut dengan cara yang halal. Jangan pernah menyalah artikan cinta, sebab cinta bukan tentang girlfriend atau boyfriend namun cinta adalah sebuah pengorbanan yang diukur dari sebuah komitmen di atas jalan yang diridhai oleh sang pencipta cinta.

Betapa banyak orang yang salah dalam menyandarkan cinta, salah mencintai, salah memulai cinta. Kadang kita berpikir mencintai itu adalah hal yang terindah di dalam hidup ini, memang itu benar, asal cara kita mencintai benar dan asal cinta kita tersandar dengan cara yang halal. Tapi jika tidak demikian maka kita tidak akan merasakan bagaimana indahnya mencintai sebab cinta yang paling indah itu adalah mencintai karena Allah bukan karena nafsu belaka.

Mencintai itu tidak salah karena itu memang sebuah fitrah yang Allah berikan kepada kita semua, yang salah itu ketika kita mencintai sesuatu yang tidak pantas untuk dicintai, karena sesungguhnya orang yang pantas untuk dicintai adalah orang yang memiliki kepantasan untuk dicintai. Mencintai bukanlah hal yang sulit tapi merealisasikan cinta dengan pernikahan itulah yang sangat sulit. Jika engkau belum sanggup untuk merealisasikan cintamu kepada orang yang engkau cintai maka bersabarlah, jangan biarkan kesucian cintamu ternodai, jangan biarkan cintamu ditutupi dengan nafsu syahwat yang membara, biarkan cintamu tertanam kembali, biarkan ia menjadi kenangan yang tak pantas untuk dikenang olehmu. 

Kemarin adalah sejarah esok adalah misteri dan hari ini adalah anugerah. Jodoh adalah misteri karena dia berada di hari esok, mencintai seseorang hari ini tidak menjamin dia akan menjadi jodohmu, oleh sebab itu kamu tidak seharusnya memikirkan siapa yang akan menjadi jodohmu, cantik, jelek, baik, atau buruk itu semua sudah diatur oleh-Nya. Yang harus engkau lakukan adalah menggunakan anugerah Allah untuk menjadi seorang yang terbaik agar mendapatkan jodoh yang terbaik juga, gunakanlah hari ini untuk menjadi insan yang baik dan shaleh, maksimalkanlah hari ini untuk memperbaiki diri dan meningkatkan potensi diri, dan mulai hari ini persiapkanlah dirimu untuk menjemput atau menyambut jodoh yang akan Allah datangkan untukmu.

Engkau yang sedang dicintai, berhati-hatilah dengan pembegal hati, karena dia akan membegal hatimu dan merusak kesuciannya. Kata gombalnya ibarat pukulan keras yang akan meluluhkan hatimu hingga benar-benar luluh tak berdaya, dia hanya mempermainkan hatimu, menyakitinya terus membuangnya. Pembegal hati adalah orang yang membungkus cintanya dengan hawa nafsu, ia mencintaimu karena nafsu bukan karena Allah , sebab itulah dia hanya akan mempermainkanmu dan akan menyakitimu.

Ketika engkau dicintai tak ada hal yang lebih pantas tuk engkau lakukan selain ikhlas dengan orang yang menyimpan cintanya untukmu karena Allah , berterima kasihlah atas pengorbanannya dan terimalah segala kekurangan dan kelebihannya, yakinlah ketika ia mencintaimu karena sang pemilik cinta ia akan segera menjemputmu dengan segenap cinta yang telah ia simpan untukmu dan membawamu ke mahligai pernikahan.

Suatu saat ketika engkau mengeluh dengan pasanganmu ingatlah bahwa engkau tak akan pernah mendapatkan pasangan yang sesuai dengan harapanmu, cintailah segala kelebihan dan kekurangan pasanganmu karena  pada dasarnya pernikahan itu bukan hanya tentang rasa, tapi juga tentang menyatukan dua keluarga yang berbeda, menyatukan kepribadian yang berbeda, saling menyempurnakan satu sama lain, dan tentang menerima keadaan masing-masing dengan apa adanya.

 


Tidak ada komentar