Terhangat

5 Tips Hidup Hemat di Belanda

Oleh Keanu Nurherbyanto Herbowo*

Menuntut ilmu di Belanda memang punya daya tariknya tersendiri. Selain hubungan spesialnya dengan Indonesia, program beasiswa atau kerjasama dengan universitas di Indonesia, dan bidang studi spesialis tertentu yang tersedia di negeri kincir angin ini dapat memikat minat teman-teman yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. Namun, salah satu faktor yang menjadi pertimbangan saat mempersiapkan diri untuk studi di Belanda adalah perihal biaya hidup selama belajar. Apalagi dengan nilai tukar rupiah dan euro yang relatif tinggi, merencanakan anggaran biaya hidup sebelum mendarat di Belanda akan sangat membantu. Kebiasaan hidup yang disiplin serta penggunaan beberapa fasilitas yang tersedia di Belanda, dapat mendukung kebiasaan hidup yang lebih hemat. Berikut adalah beberapa masukan yang dapat disimak untuk menopang pola hidup hemat selama di Belanda.

Pertama: Memasak Makanan Sendiri

Memasak dan menyiapkan makanan sendiri. Makanan dan servis yang disediakan restoran dan kedai makanan siap saji terkadang sangat menggiurkan. Tetapi, biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati makanan-makanan ini akan jauh lebih mahal dibandingkan biaya untuk belanja bahan-bahan makanan dan memasaknya sendiri. Bila jadwal yang sibuk menjadi halangan, banyak menu makanan yang dapat disiapkan di pagi hari, atau semalam sebelumnya. Jadi makanan tinggal dihangatkan kembali saat ingin dikonsumsi, selebihnya dapat disimpan di dalam lemari es. Inspirasi menu untuk meal prep bisa dicari di internet, mulai dari makanan barat sampai nasi rendang.

Kedua: Gunakan Program Loyalti Pasar Swalayan

Belanja bahan makanan dapat dilakukan di berbagai swalayan ataupun pasar seperti dinsdagmarkt (Pasar Selasa) dan zaterdagmarkt (Pasar Sabtu) di kota Enschede. Memang harga barang-barang di markt lebih murah, tetapi terkadang membeli keperluan di pasar swalayan lebih efisien dan nyaman. Apalagi, dengan program loyalty card yang disediakan pasar swalayan seperti Albert Heijn dan Jumbo, barang belanjaan tertentu terkadang di diskon dengan harga yang cukup menarik. Selain diskon, akumulasi poin belanja yang sudah terkumpul dapat ditukarkan dengan hadiah atau voucher belanja di swalayan tersebut. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran program loyalty card dapat didapatkan di meja layanan pelanggan yang terletak di dekat kassa. Jangan lupa untuk aktivasi kartu tersebut karena agar dapat menggunakan fitur akumulasi poinnya.

Ketiga: Menggunakan Sepeda untuk Transportasi Sehari-Hari

Tertatanya infrastruktur bersepeda di Belanda sudah mendunia. Maka, jangan lupakan kesempatan untuk menikmati jalur bersepeda sambil menghemat biaya transportasi. Harga membeli sepeda bekas yang layak pakai serta pengeluaran untuk perawatan berkalanya, akan lebih murah dibandingkan dengan biaya transportasi umum atau kendaraan pribadi lainnya. Sepeda bekas dijual di berbagai toko sepeda, toko barang bekas yang biasa disebut kringloop, atau di online marketplace. Jangan lupa untuk perhatikan rambu-rambu lalu lintas saat bersepeda!

Keempat: Beli Kartu Personal OV-chipkaart untuk Transportasi Umum

Di saat perjalanan yang jauh atau tidak memungkinkan dengan bersepeda, transportasi umum adalah pilihan terbaik setelahnya. Kartu OV-chipkaart adalah sistem pembayaran untuk transportasi umum di Belanda yang terintegrasi dengan kereta dan bus. Setelah mendaftarkan diri dengan kantor kependudukan setempat di Belanda, kartu personal OV-chipkaart dapat dipesan dengan mencantumkan nomor identitas yang tertera di verblijfsvergunning atau kartu permanent residence. Kelebihan kartu personal OV-chipkaart adalah fitur isi-ulang otomatis dengan rekening bank Belanda, kemudahan blokir dan transfer saldo di saat kehilangan, serta kemampuan berlangganan beberapa karcis tertentu seperti langganan diskon off-peak hours dan langganan karcis kereta gratis di hari libur yang biasa disebut weekend vrij. Informasi lebih lanjut tentang personal OV-chipkaart dapat dilihat di www.ov-chipkaart.nl.

Terakhir: Subsidi Akomodasi

Subsidi atau toeslagen dapat didapatkan untuk akomodasi tertentu. Toeslagen merupakan fasilitas tunjangan dari pemerintah Belanda yang mencakup biaya akomodasi, asuransi, dan biaya hidup lainnya. Salah satunya adalah perihal biaya akomodasi. Akomodasi yang berhak untuk diberikan tunjangan toeslagen adalah yang bertipe self-sufficent, atau akomodasi yang tidak mempunyai fasilitas bersama seperti dapur umum dan kamar mandi bersama. Toeslagen dapat didaftarkan setelah mendapatkan nomor identitas digi-ID dari kantor kependudukan setempat di Belanda. Informasi lebih lanjut seputar toeslagen dapat dilihat di www.belastingdienst.nl.

*Mahasiswa S2 di Universitas Twente

Tidak ada komentar