Terhangat

Sidoarjo, Kota Kelahiran Penuh Makna

Oleh Fadhilatun Nisa’ A


SIDOARJO – Apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata ‘Sidoarjo’? Salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur ini menyajikan keindahan yang terbingkai di setiap sudutnya. Apalagi, saat kalian melihat berbagai wisata menawan yang tentunya akan memanjakan mata. 


Kata ‘Udang dan Bandeng’ sudah melekat sebagai ikon Kabupaten Sidoarjo. Hal ini melambangkan hasil tambak dan ekonomi yang semakin maju, khususnya udang dan ikan bandeng. Ikon terkenal dari Sidoarjo ini dapat dijumpai di setiap sudut daerah. Apabila kalian berada di tengah kota, maka akan melihat ikon tersebut tepatnya di Monumen Jayandaru. 


Julukan lain yang terkenal, yaitu Kota ‘Lumpur Lapindo’. Peristiwa lumpur Lapindo yang melanda wilayah Sidoarjo pada tanggal 29 Mei 2006 lalu, menewaskan 45 ribu jiwa yang harus kehilangan pemukiman dan akhirnya memilih mengungsi ke wilayah lain. Belum lagi, aktivitas masyarakat lain terganggu karena ditutupnya ruas jalan tol Surabaya-Gempol dan kerusakan lingkungan. Bencana tersebut menimbulkan kerugian harta benda sebesar ‎Rp 45 triliun. Hal ini disebabkan oleh kecelakaan pengeboran tambang minyak yang terjadi di Kecamatan Porong, sehingga mengakibatkan semburan lumpur panas yang tak kunjung berhenti. Akivitas warga pun terhambat selama 13 tahun karena semburan lumpur menggenangi kawasan pemukiman, pertanian, dan perindustrian. Meskipun demikian, Bupati Sidoarjo – Saiful Ilah, memberikan manfaat untuk dijadikan tempat wisata.


Sidoarjo memiliki beberapa destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika berkunjung di sana. Pertama, Pulau Sarinah. Pulau yang menjadi lokasi semburan lumpur Lapindo ini pada awalnya berupa lahan yang gersang, sehingga beberapa warga sekitar berinisiatif untuk menanam pohon bakau dan tanaman lainnya. Kedua, Museum Mpu Tantular. Wisata bertema edukasi ini memperkenalkan beraneka ragam budaya serta benda bernilai sejarah khas Jawa Timur, seperti busana pengantin tradisional, koleksi batik tulis, topeng, aneka alat rumah tangga, serta ranjang kayu antik. Selain itu, museum ini menyajikan beberapa koleksi yang menambah wawasan, khususnya bagi anak-anak. Ketiga, Alun-alun dan Monumen Sidoarjo. Tempat yang menjadikan jantung kota ini selalu menjadi pilihan utama masyarakat untuk berjalan di pagi hari atau sekedar menghabiskan akhir pekan. Hamparan rumput terawat dan rimbunnya pohon palem raja, menjadikan pengunjung selalu betah berlama-lama. Beragam sajian kuliner mulai dari jajanan sederhana hingga makanan khas bisa Anda nikmati di sekitar kawasan alun-alun. Bahkan, jika Anda merasa lelah setelah berjalan kaki cukup lama, menaiki kereta kuda adalah pilihan yang tepat apalagi bisa mengabadikan momen di layar ponsel Anda. Tempat ini bisa kalian kunjungi kapan pun dan tidak akan terkena biaya masuk.



Jadi, kapan lagi kalian bisa menikmati jantung kota jika, bukan di sini?


Sepulang perjalanan kalian pasti merasa lelah. Destinasi keempat bisa menjadikan kalian bersantai sejenak. Siapa dari kalian yang tidak suka mengonsumsi cokelat? Hampir semua selalu mengonsumsi makanan manis itu dari kalangan remaja hingga dewasa. Cokelat sendiri mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Desain interior yang menyuguhkan Kebun Cokelat menjadi daya tarik tersendiri. 


Sidoarjo juga mempunyai makanan khas, yaitu lontong kupang. Makanan berkuah ini berbahan dasar kerang kecil, lento, dan campuran petis. Terlihat sederhana namun, memiliki rasa yang dapat memanjakan lidah. Dengan harga Rp8.000 seporsi lontong kupang sudah dapat kita nikmati.


Bagi kalian yang kebingungan mencari oleh-oleh khas Sidoarjo maka tempat ini adalah pilihan yang tepat. Toko Tanjung adalah toko suvenir yang cukup terkenal dan lengkap,  memperlihatkan beberapa macam makanan dan minuman khas Sidoarjo dari petis udang, olahan ikan bandeng, aneka kerupuk, bumbu pecel, dan lain-lain. Harga dari toko ini memang tidak menjamin kantong namun, kualitas tetap terbaik. 


Jika, kalian hobi berpergian dan ingin menikmati destinasi wisata Sidoarjo yang lain maka kalian dapat beristirahat di Hotel Luminor Sidoarjo. Hotel berbintang 3 ini menjanjikan kenyamanan dan keindahan di setiap sudut. Dipenuhi oleh fasilitas yang menjamin, di antaranya Ballroom, Meeting Room, Restaurant, Gallery, dan Simple Room – bernuansa putih hitam.


Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Sidoarjo yang penuh makna ini?


Banyak pilihan destinasi wisata menarik lainnya yang bisa kalian kunjungi setelah virus Covid-19 mereda. Persiapkan matang-matang untuk mengunjungi wisata dan liburanmu nanti. Jangan sampai terlewatkan, ya!!

Tidak ada komentar