Terhangat

Tips Ampuh Jadi Mahasiswa Berprestasi Buat Anak Milenials




Oleh Bimo Aji Nugroho*

Halo teman-teman, kali ini ada mahasiswa gila yang mau berbagi tips menjadi gila juga. Siapa sih? Bimo Aji Nugroho, Runner-Up Mahasiswa Berprestasi FPIK Univ. Brawijaya 2019. Kok gila sih kak? Karena biar tidak terlihat biasa-biasa aja. Kalau hanya sekadar kuliah pulang dan ada di zona nyaman, semua bisa melakukannya. Terus gimana kak cara jadi mahasiswa yang tidak biasa-biasa aja itu? Yuk langsung aja kita bahas tipsnya.

Pertama: Mind Mapping Kuliah Kamu Selama 4 Tahun ke Depan
Mind map ini akan menentukan jadi mahasiswa seperti apa kamu ke depannya nanti. Menurut saya, ada tiga jenis goals perkuliahan, yaitu berprestasi, organisatoris, dan kupu-kupu (kuliah pulang). Pemilihan goals ini akan sangat berpengaruh terhadap perjalanan perkuliahan kamu dan agar tidak menjadi mahasiswa yang tidak tahu arah. Sebagai contoh, ketika sudah menentukan ingin menjadi mahasiswa berprestasi maka harus aktif lomba akademik maupun non-akademik dengan persentase 50-60%, sisanya 20% masing-masing untuk organisasi dan kuliah. Persentase skala prioritas ini harus diatur sesuai dengan goals mind map kamu, sehingga kamu terus berada pada jalur untuk meraih mimpi kamu.

Kedua: Tanamkan Growth Mindset dan Jadilah Risk Taker
Coba kita lihat sekilas orang sakit jiwa yang selalu bangga tanpa menghiraukan sekitarnya dan terus bermimpi, berpikir seolah-olah dia sedang meraih mimpinya. Dari orang sakit jiwa itu, kita bisa ambil positifnya bahwa menjadi bodo amat dan terus berjuang meraih mimpi itu penting. Growth mindset merupakan sebuah pola pikir bahwa kita memiliki mimpi besar yang harus dicapai, tidak menyerah saat gagal dan semua bisa dilakukan dengan usaha serta doa. Bagaimana jika kita terlalu baperan dengan kegagalan dan omongan orang? Sekali cemooh langsung jatuh dan terpuruk. Ingat, jadilah seorang risk taker, ada harga yang harus dibayar untuk setiap keberhasilan. Dengan growth mindset yang kuat dan berani menjadi seorang risk taker di setiap usaha, maka akan tercipta learning agility yang bagus di dalam diri kita.

Ketiga: Fokus Target Peningkatan Prestasi
Perjalanan menjadi mahasiswa berprestasi pastinya tidak jauh dari kata “achievement” yang dapat diraih dengan memenangkan perlombaan. Buatlah list dan timeline semua lomba yang ada selama satu semester ke depan, lalu kategorikan berdasarkan tingkat probabilitas kemenangan, relevansi topik dan deadline pengumpulan. Jangan terlalu berambisi untuk memenangkan semua lomba hanya karena ingin menjadi mahasiswa berprestasi sehingga dapat membuat kamu keluar dari jalur kejujuran, itu hanya akan mengurangi keberkahan dari kemenangan yang kamu raih. Luruskanlah kembali niat selama lomba, ini penting. Sedikit lomba tetapi kamu menang semua barokah atau kamu bukan kalah tetapi belajar. Ikuti kompetisi internal kampus sejak mahasiswa baru agar dapat memiliki fondasi skill menulis, public speaking dan desain. Saya sarankan mengikuti perlombaan jenis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), exchange programme, dan hibah pengabdian masyarakat.

Keempat: Tingkatkan Skill Public Speaking dan Open Minded Kamu Melalui Organisasi

Mahasiswa berprestasi tidak hanya aktif lomba saja, tetapi juga harus menguasai skill public speaking, open minded, dan teamwork. Semua ini bisa dapatkan dengan mengikuti organisasi, baik ekstra maupun intra. Kamu bisa menyesuaikan dan membuat relevansi antara organisasi yang kamu ikuti dengan goals kamu. Jadi gini, misal kamu ingin menjadi mahasiswa berprestasi, maka kamu bisa masuk lembaga riset ilmiah fakultas atau universitas dengan bermain sebagai atlit atau pengurus, bahkan keduanya. Kenapa demikian? Karena kalau kamu aktif di luar jangkauan goals kamu dan proker yang dijalankan juga kurang relevan, itu bisa mengganggu konsentrasi kamu untuk mencapai target sebagai mahasiswa berprestasi. Organisasi akan menjadikan kamu lebih terbuka dan luas dalam berpikir, sehingga perspektif dalam argumentasi kamu bisa lebih holistik. Ini penting karena akan sangat sia-sia jika kamu berprestasi tetapi tidak bisa mengkomunikasikan ide atau gagasan, berpikiran sempit dan individualis.

Mahasiswa Berprestasi bukan hanya sekedar gelar, tetapi amanah untuk menginspirasi dan berbagi pengalaman yang dimiliki. Selalu utamakan kejujuran dan keberkahan, jangan sampai ambisimu, menutup kebenaran dalam hatimu.

Prestasi Penulis:
  • The Best 4 Speaker TEDx Univ. Brawijaya 2020
  • Awardee Design Thinking Short Course in Japan Telkomsel 2019
  • Best of The Best Talent Indonesia Next Telkomsel 2019
  • Double Silver Medal Presentation and Poster PIMNAS 32 Kemenristekdikti 2019
*Runner-Up Mahasiswa Berprestasi FPIK Universitas Brawijaya tahun 2019

Tidak ada komentar