Terhangat

Konser Selama Pandemi? Emang Boleh?


 Oleh Faruq Al-Quds*

Wabah virus Covid-19 mengharuskan kita untuk menjaga jarak. Bahkan, tidak sedikit negara yang memberlakukan lockdown 24 jam dalam kurun waktu beberapa minggu. Dalam situasi seperti itu, yang mengharuskan setiap orang berjauhan, ada musisi yang berhasil mengadakan konser yang dihadiri sampai 12 juta penonton! Para penonton pun bisa leluasa berjoget, dan melompat-lompat seperti menonton konser pada umumya.

Yap! Konser musik tersebut tidak diselenggarakan sebagaimana konser pada umumya, tepatnya pada tanggal 23-25 April kemarin, Fortnite, sebuah game online mengadakan konser virtual di dalam gamenya dan mengundang Travis Scott sebagai bintangnya. Lebih dari 12 juta unique player menyaksikan konser tersebut secara langsung dalam in-game.

Fortnite developer yaitu Epic Games menamai konser virtual tersebut dengan nama Astronomical. Di dalamnya, Travis Scott membawakan sejumlah lagu dari album “Astroworld” (2018) secara medley. Tim Sweeney selaku CEO Epic Games menyatakan bahwa Fortnite bukan sekedar game online, tapi lebih dari itu, ucapnya kepada hollywoodreporter.com. ”Ini bisa menjadi sebuah trendi yang baru, bagaimana kamu menghabiskan waktumu dengan cara bersosialisasi melalui sebuah video game, itulah yang bisa kamu apresiasi melalui Fortnite,” ungkap Sweeney.

Astronomical bukanlah konser virtual pertama yang pernah diselenggarakan oleh Fortnite. Pada tahun sebelumnya, tepatnya, pada tanggal 2 Februari 2019, Fortnite menggaet DJ Marshmello untuk berkonser secara virtual di dalam game. Konser tersebut berhasil menarik perhatian 10,7 juta penonton.

Bukan hanya Travis Scott yang melakukan konser secara virtual, banyak musisi yang akhirnya melakukan konser secara virtual melalui platform livestreaming Instagram, Facebook, YouTube, atau platform lainnya karena terganggunya jadwal manggung mereka. Chris Martin, vokalis Coldplay contohnya yang melakukan konser dari livestreaming Instagram. Ada juga Lady Gaga dan John Legend yang melakukan konser virtual untuk menggalang dana selama pandemi ini.

Setelah konser premiernya, Travis Scott melalui Twitternya mengungkapkan, “honestly today was one of the most inspiring days. Love every single one of you guys. And I know times are weird for us. But for one moment to be able to have the ragers to rage where ever you are is amazing.

*Mahasiswa Omdurman Islamic University, Sudan

Tidak ada komentar