Terhangat

Menjelang Ramadhan, Ini 10 Fakta Unik Kurma yang Wajib Kamu Tahu!

Sumber: kumparan.com
 Sebentar l agi bulan Ramadhan nih tentu sudah nggak asing lagi sama ‘si manis’ yang selalu jadi primadona di setiap bulan suci Ramadhan baik dari tahun lampau hingga tahun ini. Rasanya Ramadhan nggak asyik, nggak lengkap, nggak klik kalau tanpa menjumpai ‘si manis’ yang satu ini. Memang sudah menjadi khas ‘si manis’ selalu hadir mewarnai hari-hari di bulan suci Ramadhan, bahkan keren dan hebatnya, eksistensinya meningkat pesat di bulan suci. Entah di pembagian takjil jalanan, buka puasa di masjid-masjid, sampai di supermarket besar yang berlomba-lomba buat spanduk gede-gede untuk memamerkan ‘si manis’ ke orang lain, ditambahi tulisan DISKON atau BELI SATU DAPAT SATU serta bahasa iklan lainnya yang intinya berlomba-lomba menyajikan ‘si manis’. Sudah menjadi rahasia umum ‘si manis’ tambah naik daun di setiap momen Ramadhan hadir.

Faktanya, selain terkenal dengan kandungan dan manfaatnya yang sangat banyak, ‘si manis’ yang dalam bahasa ibu kita disebut kurma dan dalam bahasa latinnya dinamai phoenix dactylifera ini punya sejumlah fakta unik. Alangkah baiknya, sebelum sedia stok kurma buat Ramadhan tahun ini kita tahu tentang 10 fakta unik buah manis ini. Nah, berikut ini ada 10 fakta unik seputar ‘si manis’ kurma yang wajib kamu tahu versi majalahelnilein.com. Penasaran? Lets check it out!

1. Kurma sudah ada sejak 8000 tahun yang lalu
Siapa yang menyangka ternyata buah kurma diperkirakan sudah ada sejak 8000 tahun yang lalu! Kurma disebut sebagai tumbuhan tertua di bumi bahkan diprediksi telah ada sebelum manusia. Kurma diyakini berasal dari Teluk Persia dan sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM. Suatu kuburan kuno di Mesir mendapati bahwa ada mumi tertutup tikar dari pelepah kurma. Penemuan lain menyebutkan bahwa ditemukan pohon kurma utuh di kuburan kuno Shakhra dan diprediksi sudah ada sejak 3200 tahun yang lalu sebelum masehi. Adapun kegiatan penggalian situs kuno di Mesir berhasil menemukan sisa-sisa kurma hingga menjadi bukti bahwa buah manis satu ini telah dikonsumsi masyarakat bumi sejak 8000 tahun yang lalu.

2. Memiliki julukan tree of life
Dikarenakan setiap bagian pohon kurma mampu dimanfaatkan untuk kehidupan, pohon ini masyhur dengan sebutan tree of life. Hampir semua bagian kurma mampu dimanfaatkan, misalnya daun kurma yang mampu dibuat menjadi keranjang, batangnya yang mampu diolah menjadi tali, dan yang pasti buahnya bisa dikonsumsi dan memiliki banyak nutrisi.

3. Mempercantik kulit
Vitamin C dan D yang ada dalam kurma faktanya dapat bekerja sebagai elastisitas kulit yang mampu membuat kulit kita tetap halus. Kurma juga dapat mencegah penuaan dan akumulasi melanin di kulit lho ... Bagi kalian yang menderita masalah kulit, juga dapat diatasi dengan mengonsumsi rutin buah kurma karena dapat membantu menyehatkan kulit dalam jangka yang panjang.

4. Meningkatkan daya ingat dan sistem kerja otak
Nah, fakta unik kurma selanjutnya ternyata keren banget untuk kita tahu! Apalagi bagi kita yang mengidamkan punya kerja otak dan daya ingat yang encer. Ditinjau dari kandungannya, Kalium yang terkandung dalam kurma rupanya mampu mengendalikan oksigen dalam tubuh sampai ke otak hingga cairan dalam tubuh mengalami kelancaran fungsinya. Sebuah studi yang dilakukan Musthafa Mohamed Esa dari Neural Regeneration Research mengungkapkan bahwa kurma melindungi otak dari inflamasi/peradangan. Buah kurma juga merupakan sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami seperti anthocyanin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic yang mampu mencegah penyakit alzheimer dan dementia.

5. Si manis yang jarang dihinggapi semut
Pepatah ada gula ada semut rasanya tidak berlaku untuk kurma. Uniknya, walaupun memiliki rasa yang manis, kurma jarang sekali membuat serangga kecil bernama semut itu mendekat walaupun buah manis ini dibiarkan di tempat terbuka. Kurma memiliki kandungan yang sama dengan madu asli yang jarang dihinggapi semut meski dibiarkan terbuka. 

6. Bekal pas banget untuk para pendaki gunung dan astronot
Bagi temen-temen yang suka banget mountainering, hiking, tracking, atau istilah-istilah lain yang merujuk pada aktivitas mendaki gunung, kurma merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan dibawa karena berbentuk kecil, praktis, dan awet. Di sisi lain kandungan kurma yang kaya vitamin dan mineral yang cukup dan mampu mensuplai energi menjadi pertimbangan kenapa kudapan ini dijadikan bekal yang ‘pas banget’ untuk pendaki. Selain itu ukuran dan bentuknya yang tidak memakan tempat ramah banget di kapasitas carrier. Sementara untuk astronot, kurma menjadi salah satu menu yang lolos seleksi. Dikutip dari cnnindonesia.com makanan astronot pun harus diseleksi ketat dengan memenuhi banyak kriteria, beberapa diantaranya adalah ringan, mudah disiapkan, tahan lama tanpa pendingin, dan cukup begizi. Para astronot Apollo 11 memiliki 70 jenis makanan untuk dipilih dan salah satunya ada kue buah kurma. Gimana nggak keren guys ternyata eksistensi kurma sudah sampai luar angkasa!

 7. Sebagai bahan dasar kosmetik
Ternyata buah manis yang biasanya akrab kita makan ini, juga bisa menjadi bahan dasar pembuatan kosmetik. Kandungan 0% gula, lemak, protein, dan mineral lainnya seperti tembaga, asam folat, dan magnesium dalam kurma dapat melembabkan dan mencegah penuaan. Sementara vitamin B6 dari kurma diyakini mampu mencerahkan kulit.  Anti microbial properties dalam kurma juga diyakini mampu melawan jenis penyakit kulit diantaranya adalah penyakit gatal menular. Nah, dengan kompleksnya khasiat tersebut, maka kurma menjadi bahan yang cocok untuk pembuatan kosmetik. Bahkan menjadi bahan dasar pembuatan sabun dan eyeliner. 

8. Pohon kurma mampu hidup hingga 100 tahun
Fakta mengejutkan lagi, selain diklaim sebagai pohon tertua di bumi rupanya pohon  kurma mampu bertahan hingga 100 tahun. Panjang umur banget ya? Lazimnya pohon kurma mulai berbuah setelah 8-10 tahun dan produksinya menurun pada umur ke 60-80 tahun. Tapi demikian kurma mampu terus berbuah hingga usianya mencapai 100 tahun. 

9. Dapat mengatur suasana hati dan mengatasi stres
Bagi kalian yang punya suasana hati berubah dan stres, kandungan vitamin B6 dalam kurma terbukti mampu meningkatkan kinerja otak dengan membantu tubuh memproduksi serotonin dan norepinefrin. Serotonin sendiri berfungi mengatur suasana hati dan norepinefrin membantu tubuh mengatasi stres. Sebaliknya, penelitian telah menunjukkan bahwa kadar vitamin B6 yang rendah mampu menyebabkan depresi.

10. Kurma azwa, kurma termahal di dunia
Dikutip dari detik.com kurma azwa atau biasa kita sebut kurma nabi menduduki posisi sebagai kurma dengan harga paling mahal. Kurma berwarna hitam pekat dengan garis-garis atau serat warna cokelat pada permukaannya ini memiliki rasa manis yang pas, tidak terlalu legit, tampak kering, tidak lembab, dan ukurannya agak besar. Adapun mahalnya harga kurma tersebut berbanding lurus dengan berbagai keistimewaan dan khasiat yang terkandung didalamnya.

Nah guys, berikut tadi adalah 10 fakta unik kurma yang wajib kamu tahu versi majalahelnilein.com. Jadi gimana nih, sudah pada siap sedia kurma untuk Ramadhan belum? Ada sebuah kutipan mengatakan: Awali buka puasa dengan yang manisnya sampai akhir kayak kurma. Karena yang manis diawal pahit diakhir itu menyakitkan.

Jangan lupa tetap jaga iman dan imun. Tetap #staysafe menjalani #ramadhandirumahaja selama wabah. Sedia ‘si manis’ kurma untuk menemani masa Ramadhan kamu ya ...

Tidak ada komentar