Terhangat

8 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses di Sudan


1. Jangan titip absen kuliah

Memang sih ilmu tidak hanya ada di bangku kuliah. Tapi, masuk kelas dan mengikuti perkuliahan adalah bentuk tanggung jawab seorang mahasiswa dan menghormati dosen sebagai pengajar. Walaupun  beberapa universitas di Sudan tidak mewajibkan absensi bagi mahasiswanya tapi menghadiri perkuliahan dapat membantu kamu untuk mendapatkan pemahaman lebih yang tidak didapat dari hanya membaca diktat kuliah.

2. Jangan tidur di kelas

Selain karena tidur di kelas itu enggak nikmat, kamu juga bakal  dimarahi dosen. Ya, pokoknya kalau enggak  niat ikut perkuliahan mending  tidur saja di kamar.

3. Bawa kitab ke mana-mana

Kata ustadz saya waktu di pesantren dulu, kalau kamu ingin menguasai sesuatu maka sesuatu itu harus sering-sering di dekatmu. Kalau bisa dipeluk agar rasanya  mengalir sampai ke relung hati.

4. Ikut kajian-kajian syekh

Rugi banget kalau sudah sampai di Sudan, tapi cuma memperoleh  ilmu dari bangku perkuliahan. Kajian-kajian syaikh yang ada di Sudan enggak kalah jauh kok sama yang negara arab lainnya. 

5. Bawa uang lebih buat sedekah ke teman

Kadang kamu lupa sama orang yang paling dekat sama kamu. Iya, teman kamu. Kamu melihat orang miskin di depan toko atau di pinggir jalan, lalu hatimu tergetar dan segera menyodorkan sebagian uangmu. Tapi teman yang kehabisan uang jajan akhir bulan atau yang tidak dikirimi orangtuanya mungkin perlu ditraktir sekali-sekali. Barangkali itu wasilah yang akan mempermudah studimu di Sudan.

6. Ikut organisasi, barangkali dapat calon jodoh yang pas

Selain dapat meningkatkan softskill, ikut organisasi juga dapat memperluas jangkauan pergaulan kamu. Tidak terkecuali terhadap  lawan jenis. Bukan bermaksud mengompori kamu untuk ikut organisasi dengan niat ini lo. Tapi dengan ikut organisasi, kamu bisa lebih mengenal diri kamu. Tentu dengan lebih mengenal diri kamu sendiri, kedepannya akan mempermudah kamu untuk menapaki dunia seperti apa yang hendak didaki. Dan soal dapat jodoh di sana, itu cuma bonus kok.

7. Jangan begadang kalau cuma ngobrolin kegagalan cinta

Mahasiswa renta terhadap hal-hal yang berbau cinta, rindu, dan ekspektasi jodoh masa depan. Jika dibiarkan, maka malam-malam yang harusnya digunakan untuk istirahat bisa menjadi lahan  curhatan-curhatan unfaedah dari jiwa-jiwa yang menjerit yang  tak kunjung menemukan tambatan hatinya.

8. Minum air yang cukup biar tetap waras 

Suhu musim panas yang dapat mencapai  45° C bisa membuat kamu tidak waras. Matahari menyengat dan mudah membuat dehidrasi dapat menghambat proses pencarian ilmumu di Sudan. Jadi, minum lah air putih yang cukup agar kamu tetap maksimal belajar  di Sudan dan tidak oleng.


Ditulis oleh MP

Tidak ada komentar