Terhangat

Menebarkan Salam


Di dalam kehidupan ini ada suatu hal yang jika seorang muslim mau mengamalkannya maka akan sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan juga orang lain, bahkan amalan ini juga akan dirasakan manfaatnya terhadap agamanya sendiri. Hal ini tidak lain adalah menebarkan salam kepada sesama muslim.

Menebarkan salam merupakan hak seorang muslim terhadap muslim yang lainnya. Disebutkan dalam suatu riwayat hadis sahih dari Abu Hurairah radiallahu anhu bahwasannya Nabi Muhammad salallahu’alaihi wasallam bersabda, “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam: (1) Jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, (2) Jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya, (3) Jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat, (4) Jika ia bersin dan mengucapkan ‘alhamdulillah’ maka doakanlah ia dengan ‘yarhamukallah’, (5) Jika ia sakit maka jenguklah dan (6) Jika ia meninggal maka iringilah jenazahnya”.

Perintah untuk mengucapkan salam dalam hadis tersebut adalah umum untuk semua muslim, baik bagi mereka yang selalu dalam ketaan dalam beragama, maupun sebaliknya. Mengucapkan salam juga dilakukan kepada siapapun, baik yang kita kenal maupun tidak kita kenal. 
 
Seperti disebutkan dalam riwayat lain dari Abdullah ibn Amru bahwa ada seorang bertanya kepada Rasulullah salallahu’alaihi wasallam, “Islam manakah yang paling baik?” Nabi salallahu’alaihi wasallam menjawab, “Kamu memberi makan dan memberi salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal”.


Namun sebaliknya jika kita hanya mengucapkan salam kepada orang yang kita kenal saja maka ini adalah termasuk kedalam tanda-tanda kiamat yang disebutkan oleh Nabi salallahu’alaihi wasallam. Bahwasannya beliau bersabda, “Sesungguhnya sebelum hari kiamat ada pemberian salam kepada orang yang khusus (orang yang dikenal saja)”.

Oleh karena itu menebarkan salam merupakan sebuah perbuatan yang sangat mulia karena dengannya kita dapat menunaikan hak sebagai seorang muslim kepada muslim yang lainnya. Selain itu salam juga merupakan amalan yang sangat indah, karena dalam salam terdapat doa keselamaan untuk sesama muslim. Maka dengan amalan ini lah ukhuwah islamiyah akan semakin kuat.


Tidak ada komentar