Terhangat

#majalahkonstantinesia || Belajar dari Penerbitan Perdana Majalah Konstantinesia ||

Khartoum - Beberapa waktu lalu, majalah Konstantinesia PPI Turki berhasil menerbitkan edisi perdananya yang dirilis di website resmi PPI Turki dengan mengusung tema “Terorisme”. Keberhasilan tersebut menjadi pelajaran berharga bagi majalah el Nilein Sudan untuk menilik lebih jauh bagaimana proses dari terbentuknya pengurus majalah tersebut hingga penerbitan.

Kamis (30/5) salah satu jurnalis kami berkesempatan mewawancarai direktur utama majalah Konstantinesia, Nurul Zahra Qasmira Zamal via whatsapp. Kepada majalah el Nilein Sudan, Nurul menceritakan perjalanan dari awal terbentuknya pengurus sampai pada penerbitan majalah. Berikut kami rangkumkan hasil wawancara tersebut.

Awal Terbentuknya Pengurus

Majalah Konstantinesia adalah salah satu dari dua badan otonom PPI Turki yang terikat langsung dengan Badan pengurus Harian (BPH). Majalah yang diawali oleh 4 orang ini kemudian merumuskan nama majalah dan slogan, serta menentukan jumlah anggota yang dibutuhkan beserta deskripsi tugas dari masing-masing anggota tersebut. Setelah itu, mereka membuka open recruitment .

Proses Menuju Penerbitan

Dari hasil open recruitment, terkumpulah 20 staff dan 10 biro wilayah. Tim yang sudah terkumpul tersebut kemudian menentukan tanggal penerbitan. Lalu, dilanjutkan dengan proses pembagian tugas dan pelaksanaan. Dalam proses ini, setiap anggota selalu diingatkan untuk mengejar deadline sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Pemantauan pun aktif dilakukan agar terbit tepat waktunya. Dan pada akhirnya, majalah Konstantinesia edisi pertama sukses diterbitkan.

Target yang belum Tercapai

Menurut Nurul, beberapa target yang belum tercapai di edisi perdana ini adalah masih kurangnya iklan dari organisasi kemitraan Indonesia di Turki  serta minimnya minat pembaca  dan karya tulis teman-teman PPI Turki yang dikirimkan ke redaksi majalah Konstantinesia.

Admin IV

Tidak ada komentar